Search
Kamis 28 Oktober 2021
  • :
  • :

XL Axiata Dapat Pengakuan Zero Touch Operation Catalyst

MAJALAH ICT – Jakarta. Bekerja sama dengan mitra, XL Axiata telah berpartisipasi aktif dan berkontribusi pada Forum Telekomunikasi Global – TM Forum, sebuah aliansi global dari 850+ perusahaan yang bekerja sama untuk mendobrak hambatan teknologi dan budaya antara penyedia layanan digital, pemasok teknologi, konsultan, dan integrator sistem. Untuk memenuhi tujuannya, TM Forum memprakarsai Catalyst, sebuah proyek kolaborasi dengan anggota globalnya untuk menghadirkan best practice dan best standard untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. XL Axiata menjadi sorotan dan mendapatkan pengakuan atas inisiatif Zero Touch Operations, yang diajukan ke Catalyst Project di TM Forum.

Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar yang beroperasi di salah satu pasar terbesar (Indonesia), XL Axiata mengoperasikan ekosistem multi-Vendor yang kompleks yang beroperasi di lingkungan telekomunikasi, single IT  dan lintas domain. Dengan mengelola dan berpartisipasi dalam ekosistem ini, XL Axiata meningkatkan kapasitasnya dalam mengoptimalkan teknologi terkini untuk memastikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Perusahaan pada dasarnya bertanggung jawab untuk memastikan aksesibilitas, ketersediaan dan keandalan layanan internet dan mobile melalui ekosistem multi-vendor, menimbulkan berbagai tantangan yang XL Axiata tangani di Catalyst ini, termasuk diantaranya menangani rata-rata +9000 permintaan perubahan per bulan. Kegiatan operasi & pemeliharaan rutin di 1.000-an event yang berdampak pada layanan. Pengumpulan informasi massif terkait passive & active inventory. Pengumpulan data kapasitas yang dapat ditindaklanjuti untuk memenuhi permintaan & mengoptimalkan biaya. Pengembangan produk dinamis untuk memasarkan pengguna akhir

Tingkat keterlibatan yang sangat kompleks membutuhkan tanggung jawab yang padat manusia, yang berpotensi menyebabkan sejumlah besar gangguan layanan yang mempengaruhi semua aspek vital dalam kehidupan para end-users, seperti pekerjaan mereka, sekolah, browsing, dan bahkan keperluan untuk beribadah dari rumah. Tidak terelakkan walau seberapa baik Standard Operating Procedure dan Proses dijalankan, kesalahan tetap terjadi karena sifat ekosistem dan tantangan interoperabilitas.

Karena alasan inilah, XL Axiata percaya bahwa Autonomous Operations adalah solusi utama dan mengupayakan Zero-Touch Operations (ZTO) Catalyst untuk mengotomatisasi sebagian besar tugas berulang dan membosankan dalam operasional perusahaan untuk meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

XL Axiata memanfaatkan kekuatan AI dan kemajuan teknologi untuk mengubah cara kerja operasi – mengumpulkan, menganalisis, memproses, memprediksi, merekomendasikan, dan memecahkan masalah dalam jaringan dan IT dengan intervensi manusia yang minimal.

XL Axiata percaya bahwa pendekatan ZTO ini mengoptimalkan sumber daya manusia dan biaya operasional sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan dengan mengurangi jumlah dan lamanya gangguan (outage) serta memenuhi permintaan kapasitas Jaringan dan IT dengan segera.

XL Axiata telah mendaftarkan Zero Touch Operation Catalyst di tmforum pada awal tahun 2021 dan menjadi salah satu OpCo dari Axiata yang berpartisipasi dalam proyek tersebut. Dengan berpartisipasi dalam forum tersebut, XL Axiata menampilkan kampanye XL Axiata dan Axiata untuk mengembangkan Autonomous Operations dengan memanfaatkan AI/ML dalam acara tmform mendatang yang memiliki tema ”Digital Transformation World Series|2021”. Acara ini dijadwalkan akan digelar pada pertengahan Oktober 2021 dimana pemenang catalyst terbaik akan diumumkan.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *