Search
Jumat 30 Oktober 2020
  • :
  • :

69 Persen pengguna Ruangguru kelas 12 SMA berhasil masuk PTN Pilihan

MAJALAH ICT – Jakarta. Setelah pengumuman penerimaan siswa baru PTN keluar, riset internal Ruangguru menunjukkan bahwa 69% pengguna Ruangguru kelas 12 SMA telah diterima di PTN pilihan di tahun 2020. Sejumlah ⅔ di antara pengguna tersebut telah diterima di PTN unggulan, seperti seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dll. 

Riset internal Ruangguru dengan puluhan ribu responden kelas 12 SMA tersebut turut menunjukkan bahwa mayoritas pelanggan (77%) yang berhasil lolos PTN rata-rata belajar di aplikasi Ruangguru selama 1 jam setiap harinya, menggunakan tiga fitur paling populer yakni video belajar beranimasi, TO, dan bank soal. 

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara mengatakan bahwa diterima di PTN pilihan unggulan adalah pencapaian dan juga tantangan untuk mencapai masa depan yang lebih baik lagi. 

“Perjuangan untuk berhasil masuk ke dalam PTN pilihan, apalagi PTN unggulan, semakin penuh tantangan dan persaingan. Hasil ini merupakan buah konsistensi dari ketekunan belajar adik-adik kelas 12 SMA pengguna Ruangguru. Terapkan disiplin semangat juang yang sama di jenjang PTN, sekaligus asah kemampuan adik-adik untuk mencari peluang dan berkarya demi meraih impian kalian masing-masing,” ucap Belva. 

Faiqotul, pengguna Ruangguru asal Probolinggo, Jawa Timur, mengaku TO yang tersedia di aplikasi Ruangguru memperkuat persiapannya sehingga diterima di universitas pilihan pertamanya. 

“Awalnya aku tidak yakin dapat masuk PTN, tapi karena dukungan keluarga, aku jadi yakin. Dari situ aku semangat untuk belajar materi Saintek di Ruangguru. Berkat Ruangguru, aku bisa mengejar materi TPS, dan aku juga ikut try out-nya. Sekarang aku lolos di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dari jalur SBMPTN 2020,” ucap Faiqotul. 

Rizky R. A., seorang pengguna Ruangguru asal Blora, Jawa Tengah, juga mengatakan Ruangguru membuatnya berhasil diterima dengan jalur SBMPTN di universitas serta fakultas impiannya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 

“Kelas 12 aku pakai Ruangguru, nilaiku naik, dan alhamdulillah masuk 10 besar. Aku paling suka cara penjelasan Master Teachernya. Mudah dipahami dan gampang masuk ke otak. Persiapan SBMPTN, aku belajar lewat latihan soal di aplikasi dan sering ikut tryout SBMPTN dan tryout mingguan dari Ruangguru. Ruangguru mengantarkan aku menjemput kampus impianku,” ucap Rizky. 

Ibu dari Rizky mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian anaknya,  khususnya di masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan. Ia berkata, “Saya bingung harus membawa anak saya kemana untuk mengikuti bimbel di masa pandemi COVID-19. Syukurlah masih ada paket Ruangguru yang juga menyediakan tryout online gratis. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh anak saya dan kami sebagai orang tua bangga dan gembira sekali melihat Rizky berhasil masuk ke PTN impiannya. Semoga ini awal dari perjalanan ia menggapai cita-citanya yang lebih besar lagi.”

Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama (CPO) Ruangguru Iman Usman menyampaikan bahwa ia turut merayakan pencapaian ribuan siswa tersebut dan mengingatkan mereka tentang pentingnya ketekunan dan kerja keras. 

“Sebuah kehormatan bagi Ruangguru, mengetahui bahwa produk dan layanan kami telah mendukung ribuan adik-adik untuk belajar dan meraih masa depan yang lebih baik. Kami selalu berupaya untuk menghadirkan pendidikan berkualitas bagi semua, itulah mengapa kami selalu mendengarkan aspirasi pelajar di Indonesia dan menghadirkan berbagai macam inovasi, mulai dari mengeluarkan fitur jadwal belajar, memberikan puluhan try out gratis, dan menghadirkan layanan online gratis,” ucap Iman.

Ruangguru juga mengajak siswa kelas 12 SMA di seluruh Indonesia untuk menggunakan kesempatan mempersiapkan diri menuju perguruan tinggi impian. Di bulan Oktober, Ruangguru menghadirkan TO Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) gratis di aplikasi Ruangguru. Pendaftaran dibuka hingga 15 Oktober melalui akun Instagram @ruanggurutryout.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *