Search
Senin 12 April 2021
  • :
  • :

MAJALAH ICT – Jakarta. Perkembangan teknologi pita lebar (broadband) untuk memenuhi permintaan pengguna agar kecepatan data meningkat, nampaknya tidak bisa terbendung. Adopsi teknologi baru mau tidak mau dibutuhkan. Namun, sebelum memastikan teknologi mana, dan untuk komunikasi nirkabel khususnya adalah rentang frekuensi mana yang akan digunakan, maka uji coba perlu dilakukan.

Inilah yang akan dilakukan PT Axis Telekom Indonesia (Axis). Axis berencana untuk melakukan uji coba teknologi long term evolution (LTE) di frekuensi 1800 MHz. Seperti disampaikan GM Technology Strategy Axis Deden Machdi, Axis sudah menyiapkan perangkat untuk di luar dan dalam ruangan untuk diuji coba. "Tinggal menunggu izin pemerintah,” ungkap Deden.

Menurut Deden, pihaknya akan memakai frekuensi 1800 MHz yang saat ini dimiliki Axis sebesar 15 MHz. "Dalam uji coba itu Axis akan mengalokasikan bandwith sebesar 5 MHz untuk LTE, sementara sisanya tetap digunakan untuk GSM," jelasnya.

Rencana pemanfaatan 5 MHz itu, menurut Deden, hanya untuk di awal saja dan akan dilihat perkembangan sesudah komersial.

Rencana Axis untuk uji coba LTE telah diungkap Axis menyambut kehadiran BlackBerry 10 pada Februari lalu. Karena membutuhkan kecepatan data dan lebar pita yang lebih besar, Axis akan melakukan uji coba penggunaan teknologi generasi ke-4 (4G) Long Term Evolution (LTE). Seperti diungkap Head of Communication Axis, Anita Avianty, dalam temu media di Jakarta saat itu, pelanggan Axis mencapai 17 juta dan  untuk layanan data per hari mencapat 45 Terabytes. 

"Pada pertengahan April ini,  Axis akan mengujicobakan layanan Long Term Evolution (LTE). LTE ini berada di frekuensi 1800 MHz," jelas Anita.

Menurut Anita, uji coba ini merupakan salah satu upaya Axis untuk meningkatkan layanannya. Pelaksanaan uji coba ini akan dilakukan secara terbatas. 

Axis merupakan operator ke-4 yang melakukan uji coba menggunakan LTE, sejak pertama kali LTE diuji coba oleh Telkomsel 2010 lalu. Pemanfaatan frekuensi 1800 MHz memang karena Axis secara lebar pita, Axs memiliki lebar pita yang cukup, 15 MHz di 1800 MHz. 

Sampai saat ini, alokasi frekuensi untuk LTE belum ditetapkan pemerintah. Dalam Diskusi "Dimanakah rumah bagi LTE?" beberapa waktu lalu,  pertanyaan di mana alokasi LTE sudah terlontar sejak 2 tahun yang lalu, namun tak kunjung terjawab. 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *