Search
Sabtu 17 April 2021
  • :
  • :

90 Persen Perdagangan Internasional ada di Laut, AVEVA Siapkan Teknologi Digital Twin untuk Industri Kelautan

MAJALAH ICT – Jakarta. Perusahaan global dalam rekayasa dan perangkat lunak industri AVEVA memimpin pengembangan dan penerapan solusi mutakhir untuk industri kelautan dalam mengoperasikan proyek yang lebih efektif dengan menghubungkan proses-proses penting bisnis seperti teknik, desain  perencanaan, konstruksi dan operasi. Perkembangan positif ini terjadi pada saat pandemi Covid-19 telah mengirimkan gelombang yang tidak terduga di seluruh sektor dan berdampak langsung dalam hal stabilitas ekonomi industri.

Menurut Solutions Strategy Manager for Marine AVEVA, David Thomson, industri kelautan adalah bagian penting dari perdagangan ekonomi global dengan 90 persen perdagangan internasional dilakukan melalui laut.

“Seiring industri beradaptasi dengan perubahan lanskap ekonomi dan peraturan lingkungan, kami telah mengembangkan perangkat teknologi untuk mengoptimalkan pelaksanaan proyek, operasi galangan kapal, dan kinerja kapal melalui digitalisasi di seluruh siklus kehidupan laut. Teknologi ini telah terbukti di industri lain, dan kami sekarang mengadaptasi dan memetakannya ke sektor kelautan,” tuturnya saat menjadi panelis pada konferensi AVEVA World Digital (AWD) yang berlangsung beberapa waktu yang lalu.

Dalam forum global tersebut, para pemimpin industri maritim berbagi pengalaman mereka seputar bagaimana teknologi dapat meningkatkan kinerja industri. Dari mulai International Maritime Industries (IMI), lapangan maritim terintegrasi dan layanan penuh terbesar di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara (Middle East North Africa / MENA) dengan fokus pada Pengangkut Minyak Mentah Skala Sangat Besar (Very Large Crude Carriers), Kapal dan Rig Layanan Lepas Pantai, hingga General Dynamics NASSCO yang berbasis di AS yang merancang dan membangun kapal pendukung untuk Angkatan Laut AS, serta TechBinder, penyedia solusi teknologi kelautan. Percepatan transformasi digital dengan menggabungkan teknologi baru dan pendekatan pembangunan tidak hanya menjadi kunci sukses tetapi juga kelangsungan hidup di sektor ini.

“Bagi AVEVA, transformasi digital dimulai dengan digital twin, memberikan kami data statis maupun real-time sehingga membantu kami memahami perilaku sistem, dan apa yang sedang terjadi saat ini dan yang dapat terjadi dalam jangka menengah hingga panjang. Ini adalah pusat dari strategi transformasi digital kami untuk pelanggan dari industri kelautan,” tambah David Thomson.

Para pemimpin perusahaan telah mempercepat digitalisasi operasi dan proses mereka untuk menanggapi dampak pandemi saat ini untuk menyesuaikan kebutuhan yang berubah dengan cepat. Ketangkasan bisnis adalah fokus strategis utama untuk transformasi digital dan transisi ke komputasi awan (cloud). Cloud telah menjadi keharusan langsung bagi bisnis, memberikan kemampuan untuk menskalakan sekaligus mencapai keseimbangan antara aksesibilitas dan keamanan.

“Pengembangan kapal digital, operasi galangan kapal digital, dan operasi kapal digital semuanya dibangun di atas fondasi teknologi digital twin yang akurat dan lengkap, memungkinkan pemantauan jarak jauh, peningkatan produksi dan manufaktur, manajemen kinerja aset, dan transformasi tenaga kerja, secara signifikan meningkatkan penghematan baik dalam hal ROI dan lingkungan. Industri kelautan berkembang dan mengadopsi praktik terbaik digital saat kita melewati tahun 2021, dan digital twin adalah pilar utama untuk inovasi,” ungkap David.

Emad Al Humam, SVP Corporate Services di International Maritime Industries (IMI) mengatakan bahwa teknologi cloud tidak lagi hanya bagus untuk dimiliki, namun sudah menjadi sesuatu yang wajib jika dilihat dari perspektif biaya, untuk kelincahan dan fleksibilitas dalam mentransfer data.

“Teknologi digital twin akan membantu kami secara signifikan dalam mencapai tujuan bisnis yang mencakup pengiriman produk yang lebih cerdas. Tujuan utama kami adalah kapal digital yang bisa mencapai daya saing dalam biaya, lebih efisien, dan kontrol yang lebih baik, terutama dalam hal memprediksi waktu maintenance. Dan itu akan menjadikan kami pelopor di pasar,” katanya.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *