Search
Senin 16 September 2019
  • :
  • :

Akun Twitter @IstanaRakyat Dikelola ‘Spin Doctor’?

MAJALAH ICT – Jakarta. Kehadiran tiba-tiba Istana Kepresidenan dan mungkin juga pada waktunya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri ke ranah media sosial, menjadi pembicaraan dan pertanyaan. Kok baru sekarang. Jangan-jangan dikelola oleh spin doctor atau propagandis-progandis? Setidaknya begitu yang menjadi pertanyaan banyak orang. 

Meski Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha menegaskan bahwa pihak Istana menyadari peran media sosial seperti Twitter merupakan salah satu instrumen yang memberikan pengaruh kepada masyarakat sehingga kemudian Presiden SBY memutuskan untuk memiliki akun sendiri, sebagai salah satu saran penyampaian informasi disamping media konvensional, pertemuan SBY dengan pengelola akun @triomacan2000 bisa jadi sumber pemicu sehingga Istana terjun ke media sosial. Apalagi, dalam beberapa waktu terakhir ini, akun @triomacan2000 secara aktif mengangkat keberhasilan SBY dalam masa kepemimpinannya, sebagaimana dapat dilihat di kumpulan kicauan akun yang menggunakan nama Ade Ayu S itu.

Bukan hanya itu, Ade Ayu S pagi ini menulis kicauan terhadap foto Presiden SBY yang sedang menulis di atas meja, dengan tulisan "Si boss lagi kerja…!". Belum lagi doa yang dpanjatkan untuk SBY, Ibu Negara, keluarga dan cucu-cucunya. Dalam beberapa twit, @triomacan2000 hanya mengaku mendorong agar SBY menyerap aspirasi masyarakat, salah satunya lewat Twitter. 

""Menurut Julian, yang mengelola akun resmi Istana adalah tim dari Kepresidenan untuk menyampaikan pesan langsung dari presiden atau merespon isu-isu terkini. Dalam akun itu, ujar Julian, akan diberi tanda tweet yang langsung dari presiden atau yang berasal dari tim. "Dalam keseharian, akun tersebut akan dikelola oleh tim," ujarnya.

Dipaparkan Julian, pihak Istana menyadari peran media sosial seperti Twitter merupakan salah satu instrumen yang memberikan pengaruh kepada masyarakat. Atas dasar itulah kemudian Presiden SBY memutuskan untuk memiliki akun sendiri, sebagai salah satu saran penyampaian informasi disamping media konvensional.

Akun @istanarakyat resmi diluncurkan pada 8 April lalu. Hingga saat ini akun Istana Untuk Rakyat ini sudah mendapatkan hampir 15 ribuan pengikut dengan sekitar 73-an kicauan. Diperkirakan angka ini akan terus bertambah seiring waktu. Namun mungkin follower bisa jadi tidak sebanyak jika Presiden SBY sendiri yang membuka akun. Dan mengenai apa akun pribadi SBY, yang menarik, ketika hal itu ditanyakan follower-nya pada @triomacan2000, dijawabnya, "belum diumumkan..msh menunggu hari baik bulan baik hehe."

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *