Search
Senin 21 September 2020
  • :
  • :

Allianz Life Indonesia Raih Penghargaan ‘Digital Transformation of the Year’

MAJALAH ICT – Jakarta. Allianz Life Indonesia meraih penghargaan ‘Digital Transformation of the Year’ di acara 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards. Kategori transformasi digital diperkenalkan untuk pertama kalinya tahun ini, di mana Allianz Life Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan asuransi dari Indonesia yang dinominasikan. Finalis lainnya adalah perusahaan asuransi dari Malaysia, Taiwan dan Vietnam.

Sejak Oktober tahun lalu, Allianz Life Indonesia telah mendigitalisasi semua proses penjualan dan proses pengajuan klaim asuransi kesehatan, sebuah transformasi yang saat ini dianggap sangat relevan, mengingat adanya pandemi COVID-19 dan keharusan untuk menjaga jarak fisik.

Allianz Life Indonesia dikenal dengan aplikasi digital untuk tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan, Allianz Discover, yang mengintegrasikan ekosistem penjualan lengkap – termasuk tools untuk interaksi dengan nasabah, mengajukan SPAJ, tracking, serta layanan untuk nasabah – ke dalam perangkat tablet yang dapat dimanfaatkan oleh lebih dari 30.000 agen.

Sejak diluncurkan pada bulan Januari 2015, aplikasi tersebut telah berkembang dari tools untuk mengirimkan polis asuransi jiwa secara online, menjadi pengalaman penjualan dan layanan secara digital yang menyeluruh (digital sales and service experience).

Jika proses aplikasi polis asuransi jiwa menggunakan kertas konvensional membutuhkan waktu lebih dari tujuh hari sejak pengajuan hingga penerbitan polis asuransi, Allianz Discover dapat memproses aplikasi lengkap hanya dalam waktu lima menit.

“Sekitar tiga tahun yang lalu, kami memulai transformasi digital untuk menemukan kembali cara kami berinteraksi dengan mitra bisnis dan nasabah kami,” kata Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

“Allianz Discover adalah inovasi digital yang menggabungkan perangkat tablet yang digunakan dalam proses penjualan, dengan berbagai layanan yang mendukung visi kami untuk hubungan jangka panjang dengan agen dan nasabah.”

“Di tengah himbauan untuk menjaga jarak fisik, digital tools menjadi lebih relevan dari sebelumnya – dan kami tidak akan berhenti di sini. Kami senantiasa beradaptasi dan berinvestasi dalam teknologi. ”

“Penghargaan ini merupakan bukti dari semua kerja dan komitmen tim, yang akan memotivasi kami lebih jauh dalam perjalanan kami untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak lagi masayrakat Indonesia, serta menjadi perusahaan asuransi digital nomor satu di Indonesia,” tambahnya.

Para juri juga mencatat bahwa tools tersebut memberikan pengalaman luar biasa kepada nasabah, dimana tools ini menyediakan materi digital berkualitas yang disimpan di Allianz Discover Media Lounge dan fitur drag-and-drop yang memungkinkan kombinasi modul produk untuk dilihat.

Selain itu, input data dapat dilakukan secara offline, sehingga memungkinkan agen untuk beroperasi di daerah terpencil dengan konektivitas terbatas. Fitur ini dipandang sangat sesuai untuk pasar Indonesia, dimana Allianz Life Indonesia menargetkan perlindungan asuransi bagi 150 juta calon Nasabah di seluruh penjuru negeri yang terdiri dari 17.000 pulau.

Allianz Life Indonesia menyatakan bahwa melalui Allianz Discover, pengajuan secara digital telah meningkat dari 65% pada Desember 2018 menjadi 92% pada Desember 2019, sedangkan pembayaran digital meningkat dari 44% menjadi 75%, serta rata-rata waktu penanganan bisnis baru menjadi 99% lebih cepat.

Perusahaan lebih lanjut menggarisbawahi bahwa digitalisasi proses bisnis telah mencatatkan efisiensi sebesar EUR1,6 juta ($1,89 juta), sementara 370 pohon telah diselamatkan karena berkurangnya kebutuhan kertas.

Allianz Discover adalah hasil dari inisiatif sebelumnya, Allianz Innovation Lab, sebuah area kerja yang agile  di mana berbagai tim lintas fungsi bekerja bersama untuk memberikan solusi produk dan layanan inovatif bagi agen dan Pelanggan.

Inisiatif penting lainnya adalah Allianz eAZy Cover, yang menjadi jawaban dari kebutuhan agen dan nasabah untuk bertemu, yang sebelumnya harus dilakukan secara langsung. Agen dapat menggunakan alat penjualan digital untuk memberikan konsultasi dengan nasabah tentang kebutuhan perlindungan mereka, sementara nasabah juga dapat melakukan verifikasi identitas mereka secara digital.

Selain itu, perusahaan juga menyediakan customer-centric tools, termasuk portal nasabah online eAZy Connect, dimana nasabah dapat mengakses informasi polis asuransi  jiwa melalui portal yang dapat diakses via website Allianz Indonesia, dan mengajukan klaim asuransi kesehatan secara online dengan pembayaran klaim yang akan diproses dalam waktu 48 jam, jika semua syarat dan ketentuan sudah dilengkapi.

Pemenang 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards dipilih dari 250 nominasi dari 12 negara, yang telah melalui proses penjurian dua tahap yang ketat dan transparan serta diaudit oleh Ernst & Young. Seremoni penyerahan penghargaan dilakukan secara online karena pandemi COVID-19. Panel juri terdiri dari 30 CEO, senior executives, ketua asosiasi dan pakar industri. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Asia Insurance Review dan Asia Advisers Network, dengan co-organizer LIMRA.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *