Search
Sabtu 4 April 2020
  • :
  • :

Antiklimaks Facebook Home

MAJALAH ICT – Jakarta. Teka-teki mengenai acara yang digelar Facebook terbuka. Facebook ternyata tidak memperkenalkan atau meluncurkan ponsel pintar seperti yang selama ini di desas-desuskan, melainkan hanya kehadiran aplikasi sebuah ‘rumah baru’ Facebook untuk Android.

Facebook memperkenalkan sebuah software atau aplikasi yang berfungsi sebagai penampil feeds atau notifikasi baru dari jejaring sosial yang dimiliki pengguna Android dalam satu tampilan utama. Aplikasi yang diberi nama  Facebook Home tersebut adalah sebuah aplikasi home screen (ampilan utama) pengganti dari tampilan yang selama ini digunakan oleh perangkat berbasis Android.

Dengan menggunakan Facebook Home maka semua notifikasi akan aplikasi lain seperti Facebook, SMS dan lainnya akan terkumpul dalam satu lingkup yang dapat diakses dengan mudah.

Menurut Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, HTC First akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan produk baru dari Facebook ini.  Hal itu karena Facebook telah menjalin kerja sama dengan HTC untuk pengerjaannya selama tiga tahun.

Upaya Facebook ini dianggap banyak pihak sebagai antiklimaks karena yang diharapkan adalah lebih dari itu. Apalagi, meski Facebook telah menjual sahamnya ke publik, sahamnya juga telah merosot tajam. Pasalnya, orang sudah mulai bosan menggunakan Facebook.

Facebook telah pernah menjadi aplikasi utama pengguna data di Indonesia. Berthaun-tahun Facebook menempati peringkat pertama di Alaex.com untuk lokal Indonesia sampai kemudian digeser oleh Google. Indonesia sempat menempati peringkat kedua di dunia dalam penggunaan Facebook, namun kini duduk di peringkat ke-4 dengan 47,164 juta pengguna. Dalam dua minggu terkahir, pengguna Facebook berkurang 2,5 juta pengguna. Demam Facebook sudah berangsur-angsur berkurang karena pengguna menemukan aplikasi-aplikasi jejaring sosial baru seperti Twitter serta aplikasi instant messaging.

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *