Search
Jumat 27 November 2020
  • :
  • :

Apple Hanya akan Luncurkan Ponsel iPhone 12 dengan Teknologi 5G

MAJALAH ICT – Jakarta. Apple hanya akan memiliki model iPhone 12 yang mendukung varian 5G yang lebih cepat, mmWave. Berbagai laporan dan kebocoran mengklaim bahwa unit iPhone 12 mendatang Apple akan menawarkan dukungan untuk konektivitas 5G. Sebuah laporan dari Fast Company, bagaimanapun, mengatakan bahwa keempat model memang akan mendukung 5G, hanya satu iPhone 12 tertentu yang akan dapat mendukung varian 5G supercepat yang dikenal sebagai mmWave. Tiga lainnya hanya akan dapat mendukung varian 5G yang lebih lambat yang dikenal sebagai Sub-6 GHz 5G.

Menurut laporan tersebut, “sumber industri nirkabel” mengatakan iPhone 12 Pro Max akan menjadi satu-satunya model yang mampu mendukung mmWave 5G karena ini adalah satu-satunya model yang cukup besar untuk mengakomodasi komponen yang diperlukan untuk mendukung standar 5G yang lebih cepat.

Menurut sumber, varian iPhone 12 terbesar, iPhone 12 Pro Max, memiliki cukup ruang untuk “desain antena khusus yang diperlukan untuk gelombang milimeter dan baterai yang lebih besar yang diperlukan untuk mengakomodasi penarikan daya yang signifikan dari gelombang milimeter.”

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa hanya iPhone 12 Pro Max versi Jepang, Korea dan AS yang akan mendukung mmWave 5G. Versi lain tidak akan mendukung standar 5G yang lebih cepat.

Konsumen perlu mengetahui bahwa kedua varian 5G berbeda satu sama lain secara signifikan dalam hal kecepatan dan jangkauan.

Varian Sub-6 GHz 5G lebih lambat di antara keduanya, menawarkan kecepatan unduh rata-rata sekitar 51Mbps, OpenSignal melaporkan.

Meskipun lebih lambat, ia menawarkan cakupan yang lebih luas di A.S. Terlebih lagi, setiap stasiun pangkalan mampu mendukung lebih banyak pengguna dibandingkan dengan mmWave, menjadikannya pilihan yang hemat biaya bagi operator.

Di sisi lain, mmWave 5G yang lebih cepat menawarkan kecepatan unduh hingga 1Gbps, terkadang bahkan lebih.

Varian baru yang lebih murah

Apple juga berencana merilis iPhone 4G “harga rendah” di lini iPhone 12 musim semi mendatang, sumber itu mengatakan kepada Fast Company. Perangkat ini akan menjadi upgrade ke iPhone SE 2020 yang dirilis perusahaan awal tahun ini di tengah pandemi COVID-19.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *