Search
Senin 6 Juli 2020
  • :
  • :

Apple Perkenalkan “Manajemen Kesehatan Baterai”

MAJALAH ICT – Jakarta. Apple memperkenalkan fitur baru untuk MacBook yang disebut Manajemen Kesehatan Baterai. Fitur ini, yang hadir dengan macOS 10.15.5 yang baru dirilis, berfungsi untuk memperpanjang masa pakai baterai MacBook sehingga pengguna masih bisa mendapatkan yang terbaik dari itu dalam jangka panjang. Yang mengatakan, fitur tersebut memang memiliki kelemahan yang mungkin tidak disukai pengguna.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, Apple merancang fitur Manajemen Kesehatan Baterai untuk membantu memperlambat proses penuaan bahan kimia yang dialami baterai MacBook. Perangkat ini juga dirancang sehingga dapat membantu pengguna mengetahui kapan baterai MacBook mereka diservis atau diganti.

Baterai MacBook secara kimiawi menua tergantung pada faktor-faktor tertentu yang mencakup pola pemakaian dan pengisian, serta tingkat suhu. Manajemen Kesehatan Baterai akan membantu memperlambat proses penuaan dengan melakukan dua hal. Pertama, ini akan memonitor kebiasaan pengisian baterai pengguna. Ini akan mencakup melacak persentase baterai saat pengguna cenderung memasang pengisi daya, frekuensi atau waktu yang digunakan pengguna untuk mengisi daya MacBook, dan suhu baterai secara keseluruhan.

Kedua, Manajemen Kesehatan Baterai kemudian akan mengontrol pengisian daya tergantung pada kebiasaan pengisian daya pengguna. Misalnya, jika mengamati bahwa pengguna cenderung menyambungkan MacBook setiap saat, itu tidak akan memungkinkan baterai diisi melebihi 80% untuk mencegah baterai dari merosot dengan cepat. Itu juga dapat memperlambat kecepatan pengisian sehingga baterai tidak menjadi lebih panas dari yang seharusnya.

Seperti disebutkan, fitur ini akan membantu memperpanjang usia baterai tetapi akan memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah fitur tersebut dapat mencegah baterai terisi penuh, yang berarti masa pakai baterai lebih pendek dalam satu penggunaan tunggal. Mereka yang sering pergi bekerja akan menginginkan MacBook mereka terisi penuh dan siap digunakan.

Untungnya, pengguna dapat mematikan Manajemen Kesehatan Baterai sehingga tidak akan mengacaukan kebiasaan pengisian daya mereka. Inilah cara melakukannya:

Pertama, pengguna harus memastikan bahwa MacBook mereka berjalan di macOS 10.15.5 (mereka yang menjalankan versi yang lebih lama tidak perlu khawatir tentang hal itu). Kedua, pengguna harus pergi ke Pengaturan> Penghemat Energi. Ketiga, begitu di sana, pengguna harus mengklik Battery Health, yang terletak di bagian bawah jendela Energy Saver. Kotak dialog akan muncul, yang memungkinkan pengguna untuk mematikan manajemen kesehatan Baterai.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *