Search
Minggu 27 November 2022
  • :
  • :

Automasi Cerdas: Variabel Ampuh di Dunia yang Terus Berubah

MAJALAH ICT – Jakarta. “Satu-satunya yang konstan adalah perubahan,” begitu kata-kata bijak yang dilontarkan Heraclitus, seorang filsuf Yunani, lama berselang. Ia tidak tahu bahwa saat ini ungkapan tersebut justru terasa semakin relevan.

Perubahan—tepatnya yang bersifat disruptif—telah begitu merasuk dalam kehidupan, sampai-sampai kita terbiasa dan setengah berharap. Bahkan, kelihatannya perubahan adalah satu-satunya kepastian yang dapat kita pegang di masa yang serba tidak pasti ini. Namun, bukan berarti perubahan dapat diprediksi.

Baik itu masalah rantai suplai, varian COVID-19, atau kesulitan mempertahankan karyawan, perusahaan tidak dapat mengetahui apa yang akan terjadi. Walau disrupsi konstan dapat meresahkan para pimpinan bisnis, beberapa perusahaan telah membuktikan bahwa bertumbuh di tengah-tengah ketidakpastian bukan sesuatu yang mustahil. Perusahaan-perusahaan ini lebih cepat tanggap dan efektif dibanding kompetitornya. Bagaimana caranya? Apa variabel dalam rumus perubahan yang memisahkan para pemimpin dari mereka yang tertinggal?

Jawabannya adalah automasi cerdas. Teknologi ini membuat proses dan aktivitas operasional lebih tahan banting dan lincah, sehingga perusahaan dapat bereaksi, beradaptasi, dan menyambut perubahan.

Para eksekutif C-level meyakini manfaat yang ditawarkan automasi cerdas. Menurut hasil Studi Tolok Ukur Automasi Cerdas Kofax 2022, mayoritas (90%) eksekutif global berpendapat bahwa mengautomasi alur kerja pasca-COVID akan memastikan keberlangsungan usaha. Dengan jumlah yang hampir sama, 89% menganggap bahwa perusahaan yang telah bertransformasi digital memiliki daya saing.

Namun, jika Anda ingin mencapai transformasi alur kerja digital yang sejati, Anda perlu menerapkan automasi cerdas di tiga bidang utama bisnis yang penting bagi kesuksesan. Jika dijalankan dengan tepat, ketahanan dan kelincahan bisnis yang diperlukan untuk bertahan di tengah perubahan akan terbangun.

Trisula Automasi Cerdas: Pelanggan, Karyawan, Proses

Sebanyak 88% eksekutif yang disurvei pada studi tolok ukur mengatakan bahwa mereka perlu mempercepat proses transformasi digital dari hulu ke hilir. Penggerak utama di balik transisi ini adalah:

● Optimalisasi akuisisi dan retensi pelanggan (94%)
● Menjalankan bisnis (proses operasional) (93%)
● Meningkatkan partisipasi pelanggan di semua kanal (93%)
● Memastikan kepatuhan, pengelolaan data, dan keamanan (83%)
● Meningkatkan produktivitas dan kepuasan karyawan (82%)

Dengan melirik sekilas saja, di daftar ini terlihat tiga elemen terpenting dalam membangun bisnis yang sehat:

1. Kesetiaan pelanggan
2. Kepuasan karyawan
3. Proses yang dinamis

Automasi cerdas adalah cara paling efektif dan efisien untuk mentransformasi tiga area tersebut menjadi sumber produktivitas, kepuasan, dan penghematan biaya yang dapat diandalkan organisasi Anda.

1. Pelanggan yang Puas adalah Wujud Kesuksesan Sejati

Pelanggan mana yang tidak senang mendapatkan pengalaman baik? Jika mendapat pengalaman baik, Anda mungkin akan memberitahu teman. Atau menulis ulasan di media sosial. Sebaliknya, jika pengalaman Anda tidak menyenangkan, Anda juga mungkin akan membagikan ulasan negatif.

Sistem kerja jarak jauh dan hybrid, masalah rantai suplai, serta menurunnya tingkat retensi karyawan mempersulit perusahaan dalam menghadirkan pengalaman pelanggan yang cepat dan terpersonalisasi. Automasi cerdas dapat membantu perusahaan melewati rintangan tersebut.

Tahap onboarding yang mulus menggunakan automasi dan teknologi kecerdasan buatan untuk menciptakan proses yang sederhana sekaligus berkesinambungan bagi pelanggan baru. Dokumentasi yang diperlukan dapat diunggah dan diverifikasi via smartphone, sehingga pelanggan dapat menghemat waktu tanpa mengorbankan keamanan. Pelanggan juga dapat memeriksa status secara real time di semua kanal.

Begitu pelanggan terdaftar, pengalaman yang positif berlanjut seiring kerja automasi menyiapkan formulir untuk pelanggan yang telah terdaftar. Sementara itu, chatbot cerdas menyediakan bantuan teknis (atau mengarahkan pelanggan ke orang yang tepat untuk pertama kalinya). Bot ini juga menyediakan data yang relevan untuk pelanggan, sehingga mereka dapat membantu pelanggan secara cepat dan terpersonalisasi.

Transformasi alur kerja digital akan membuat Anda dipuja-puji pelanggan, baik secara daring maupun luring.

2. Pelanggan Setia adalah Tanggung Jawab Karyawan Anda

Terlepas dari seberapa jauh perjalanan automasi Anda, karyawan Anda selalu menjadi bagian krusial kesuksesan. Bahkan, jika karyawan Anda tidak puas, Anda akan kesulitan mempertahankan kepuasan pelanggan. Interaksi antara pelanggan dan karyawan mungkin berkurang, tetapi saat terjadi, interaksi tersebut akan lebih sering terkait perihal yang lebih kompleks. Karyawan tanpa motivasi yang tidak peduli dengan hasil pekerjaannya tidak akan dapat memuaskan pelanggan.

Tantangan untuk menjaga semangat dan kepuasan karyawan kian berat, seiring fenomena Great Resignation (pengunduran diri massal) yang mewabah di seluruh dunia. Usai sudah masa-masa saat orang sudah cukup puas dengan pekerjaannya asal bisa membayar tagihan. Orang tidak mau lagi menghabiskan hari dengan menyortir dokumen atau mengetikkan angka ke spreadsheet. Mereka menginginkan perasaan memiliki tujuan sekaligus bermanfaat.

Jika perusahaan Anda sedang kekurangan staf, automasi cerdas dapat membantu Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan jumlah staf yang terbatas. Teknologi automasi seperti tangkapan kognitif dan inteligensi dokumen dapat memindai, memproses, dan menganalisis semua informasi terstruktur maupun tidak terstruktur, dengan tingkat kesalahan yang lebih kecil dan dalam waktu yang jauh lebih cepat. Dengan digitalisasi informasi, para manajer dan eksekutif dapat mengakses informasi secara real time, sehingga mereka dapat dengan cepat memutuskan langkah-langkah terbaik yang perlu diambil saat disrupsi selanjutnya terjadi.

Automasi juga menciptakan lingkungan kerja lebih baik bagi karyawan. Automasi proses robotik menghasilkan alur kerja digital yang mengambil alih tugas monoton dan membosankan seperti pemrosesan pendaftaran dan pengajuan pinjaman. Tenaga kerja manusia pun dapat fokus pada proyek-proyek yang lebih menarik dan yang lebih memerlukan pemikiran dan strategi. Selain itu, berkat alur kerja yang diautomasi, mereka juga memiliki akses ke data yang diperlukan untuk menuntaskan pekerjaan tersebut.

Kemungkinan karyawan yang puas dan bersemangat untuk mengikuti tren pengunduran diri lebih kecil; sementara itu, reputasi perusahaan Anda akan akan meningkat, sehingga mempermudah perekrutan talenta baru.

3. Proses Dinamis Menghasilkan Keuntungan Berlipat Ganda

Dewasa ini, Anda tidak pernah tahu adaptasi macam apa yang diperlukan bagi proses bisnis Anda. Permasalahan rantai suplai, komplikasi akibat Brexit, pandemi, dan regulasi regional terkait kepatuhan dan keamanan data berkontribusi terhadap rentetan kekacauan yang harus dihadapi berbagai lini bisnis dalam dua tahun terakhir.

Karena tidak ada tanda-tanda berkurangnya masalah tersebut, satu-satunya cara untuk bertahan adalah dengan melincahkan proses dan alur kerja utama.

Masalah pada rantai suplai? Inisiasi vendor baru dengan cepat melalui proses digital yang mulus dan aman. Manfaatkan RPA untuk mengintegrasikan data dari pusat data dan aplikasi internal maupun eksternal, sehingga pelanggan dan pemasok dapat mengakses pembaruan status pengiriman secara real time.

Terhambat atau terkena denda karena regulasi? Teknologi pengenalan wajah yang disertai teknologi autentikasi dan verifikasi dapat meningkatkan pendeteksian penipuan, sementara fitur keamanan dokumen seperti penyensoran konten, perilis cetakan di waktu yang aman, dan enkripsi data menjaga keamanan informasi yang tetap mudah diakses.

Sesuai namanya, proses dinamis akan senantiasa berubah. Platform automasi berkode rendah memudahkan adaptasi sewaktu-waktu. Citizen developer mana pun dapat segera beraksi saat muncul hambatan baru—pengodean tidak diperlukan. Tambahkan platform awan yang dapat diskalakan dengan cepat, maka Anda pun siap menghadapi segala perubahan yang datang mengadang.

Terlepas dari jenis industri Anda, automasi cerdas menyederhanakan proses bisnis yang penting demi efisiensi dan ketahanan maksimal.

Ringkasnya, perusahaan yang menerapkan platform automasi cerdas yang canggih dapat mentransformasil alur kerja secara digital untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus, mengurangi kejenuhan karyawan, meningkatkan kepuasan karyawan, sekaligus menyederhanakan kegiatan operasional. Yakinlah pada kemampuan Anda untuk menyelesaikan hal-hal tak terduga dan jadikan kesuksesan sebagai konstanta baru bagi perusahaan Anda.

Ditulis oleh Irene Hwa, Senior Director Bidang Field Marketing, Asia Pasifik dan Jepang, Kofax.

 

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *