Search
Rabu 24 April 2019
  • :
  • :

Awas Ada Aplikasi Kamera Abal-Abal di Play Store yang Curi Foto Pribadi Pengguna


MAJALAH ICT – Jakarta. Beberapa aplikasi kamera abal-abal yang berbahaya ada Google Play Store. Bahkan aplikasi ini diunduh jutaan kali.Demikian hasil temuan perusahaan keamanan cyber Trend Micro.

Satu set aplikasi “akan mendorong beberapa iklan layar penuh ketika pengguna membuka kunci perangkat mereka, termasuk iklan jahat (seperti konten penipuan dan pornografi) yang akan muncul melalui browser pengguna,” kata Trend Micro dalam sebuah blog, menambahkan “tidak satupun dari ini aplikasi memberikan indikasi bahwa merekalah yang berada di balik iklan, sehingga pengguna mungkin kesulitan menentukan dari mana mereka berasal ”.

Beberapa aplikasi mengarahkan ke situs web phishing yang meminta informasi pribadi pengguna termasuk alamat dan nomor telepon.

Sejumlah besar unduhan dilakukan oleh pengguna di Asia, khususnya di India.

Rangkaian aplikasi kedua adalah layanan yang terkait dengan filter foto, sekarang diambil oleh Google, yang meminta pengguna untuk mengunggah gambar mereka ke server yang ditunjuk untuk “mempercantik” foto-foto itu. Foto-foto ini dapat dikumpulkan dan digunakan untuk tujuan jahat, misalnya sebagai gambar tampilan palsu di media sosial.

“Mengingat bahwa banyak dari aplikasi berbahaya ini bersusah payah untuk terlihat sah seperti mungkin, pengguna harus selalu menyelidiki keabsahan suatu aplikasi. Salah satu metode yang baik untuk melakukan ini adalah dengan memeriksa ulasan dari pengguna lain. Jika ulasan menyebutkan segala jenis perilaku yang mencurigakan, maka mungkin ide yang bagus untuk menahan diri dari mengunduh aplikasi,” kata Trend Micro.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *