Search
Kamis 18 Juli 2019
  • :
  • :

Begini Upaya Grab dan Kementerian Pariwisata Genjot Pariwisata Lokal dengan Transportasi Ikonik

MAJALAH ICT – Jakarta. Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, bersama Kementerian Pariwisata meluncurkan terobosan moda transportasi lokal ikonik di Indonesia. Saat ini moda transportasi lokal ikonik ini sudah tersedia di tiga kota, yaitu GrabBajay di Jakarta, GrabBetor di Medan, dan GrabBentor di Gorontalo. Terobosan ini merupakan bagian dari kerja sama berkelanjutan antara Grab dan Kementerian Pariwisata untuk mendukung program ‘Wonderful Indonesia’ dan memberikan pengalaman unik bagi 20 juta wisatawan mancanegara yang ditargetkan tahun ini. Dengan menggunakan GrabBajay, wisatawan yang datang ke Jakarta dapat berkeliling dan mengunjungi pusat perbelanjaan hingga pusat budaya Jakarta ataupun destinasi wisata di daerah lainnya dengan GrabBetor di Medan, dan GrabBentor di Gorontalo.

“Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya dan ‘Wonderful Indonesia’ telah menjadi inisiatif berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata tersebut. Kami sangat mengapresiasi inisiatif Grab yang merupakan kelanjutan dari kemitraan dalam mendukung ‘Wonderful Indonesia’ untuk mendukung peningkatan kualitas moda transportasi lokal ikonik yang dapat memberikan pengalaman baru dan unik serta menjadi daya tarik wisatawan ini. Harapannya, dengan dukungan teknologi, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi ini,” jelas Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, di bulan April 2019, terdapat sekitar 1,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, meningkat 0,11% dibandingkan dengan bulan April 2018. Oleh karena itu, dengan sekitar 11.000 angkutan bajay di Jakarta yang digunakan untuk mengunjungi beberapa destinasi ikonik Jakarta, peningkatan kualitas transportasi lokal juga berpotensi menambah daya tarik destinasi pariwisata, sehingga wisatawan dapat merasakan pengalaman unik ketika berwisata.

“Kami sangat senang dapat terus berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata untuk menghadirkan teknologi digital untuk mendukung pariwisata Indonesia yang kaya akan destinasi menarik dan kaya akan budaya. Dengan memanfaatkan teknologi, kami ingin meningkatkan kualitas dari moda transportasi lokal ikonik ini, sehingga dapat dinikmati wisatawan lokal dan mancanegara dengan lebih mudah dan nyaman. Melalui kolaborasi ini kami harap dapat menggenjot pariwisata di Jakarta dan daerah-daerah lainnya di Indonesia,” jelas Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia.

Tahun lalu, Grab juga telah meluncurkan kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat dengan Kementerian Pariwisata untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi wisatawan yang mengunjungi Indonesia[1]. Kali ini, Grab melihat potensi dukungannya yang besar terhadap pariwisata Indonesia dengan melakukan terobosan untuk menggandeng transportasi bajay untuk diintegrasikan dengan teknologi Grab. Melalui fitur GrabBajay, Grab berusaha untuk meningkatkan penghasilan dari mitra pengemudi dan pemilik bajay melalui peningkatan produktivitas mereka. Di samping itu, dengan solusi transportasi yang unik, cepat, aman, nyaman, dan dengan harga yang terjangkau bagi wisatawan, masyarakat di sekitar destinasi wisata juga dapat memperoleh dampak ekonomi dari kunjungan tersebut.

Sebagai everyday super app, Grab berkomitmen untuk menghadirkan solusi transportasi yang dapat memberikan dampak positif bagi mitra pengemudi dan pengguna. Oleh karena itu, dengan kolaborasi bersama Kementerian Pariwisata Indonesia, kehadiran GrabBajay, GrabBetor, dan GrabBentor dapat menjadi solusi yang menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke Indonesia.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *