Search
Kamis 22 Oktober 2020
  • :
  • :

Berhati-hatilah, Kedipan Lampu di Ponsel Bisa Sebabkan Sulit Tidur dan Kebutaan

MAJALAH ICT – Jakarta. Sudah banyak diteliti bahwa ponsel bisa membuat pengguna lebih sulit tertidur. Cahaya biru yang sering dikeluarkan perangkat bisa membuat tubuh melepaskan melatonin, hormon pengendali tidur. Tapi mereka juga bisa menyebabkan sesuatu yang disebut “transient” dimana terjadi kehilangan penglihatan atau kebutaan.

Kehilangan penglihatan sementara atau kebutaan bisa terjadi pada satu mata atau kedua mata dan itu adalah hilangnya penglihatan atau penglihatan sebagian pada satu atau kedua mata selama jangka waktu mulai dari detik ke jam. Sering terjadi ketika darah mengalir ke mata dibatasi, suatu kondisi yang disebut iskemia, ini adalah penyakit serius yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan total. Penyebab lain yang kurang mengancam juga dapat menyebabkan kehilangan penglihatan sementara, ini termasuk mata kering atau migrain.

Rincian dua kasus kehilangan penglihatan sementara diterbitkan di New England Journal of Medicine pada tahun 2016 di mana penyebabnya tidak berbahaya. Satu kasus melibatkan seorang wanita muda berusia 20-an yang mengalami gangguan penglihatan pada malam hari hanya dengan satu mata. Pasien kedua berusia 40 tahun dan mengalami masalah dengan penglihatannya saat terbangun selama periode enam bulan. Kedua wanita itu dalam keadaan sehat selain masalah penglihatan mereka.

Para peneliti melihat ke dalam kasus-kasus yang dihipotesiskan bahwa kedua wanita tersebut mengalami masalah penglihatan karena mereka meletakkan mata mereka melalui pemutihan photopigment, di mana satu mata dipaksa untuk beradaptasi dengan cahaya terang dan yang lainnya tidak. Mata yang dikelantang kemudian harus menjalani pemulihan, selama waktu itu pemandangan kembali. Hal ini terjadi ketika mereka menggunakan ponsel mereka atau perangkat lain dengan layar dan hanya satu mata yang terkena cahaya berbahaya

Sebuah studi dari Universidad Complutense de Madrid menemukan bahwa lampu LED di layar bisa menyebabkan kebutaan akhirnya. Hal ini terjadi karena lampu dapat menyebabkan kerusakan pada retina yang tidak bisa dihindari.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *