Search
Jumat 23 Agustus 2019
  • :
  • :

Bisnis Ponsel Kembali Melesu, Turun Lima Persen dari Tahun Sebelumnya

MAJALAH ICT – Jakarta. Pasar ponsel pintar global mengalami penurunan pengiriman setahun penuh yang pertama selama 2018, sebuah perusahaan riset acara Strategy Analytics. Pengiriman setahun penuh turun 5 persen tahun-ke-tahun menjadi 1,43 miliar unit: pengiriman pada Q4 turun 6 persen menjadi 376 juta unit.

Linda Sui, direktur Strategy Analytics, mengatakan “Pasar ponsel pintar global sekarang telah menurun selama lima kuartal berturut-turut karena tingkat penggantian yang lebih lama, kurangnya model wow dan hambatan ekonomi.”

Samsung mempertahankan posisi teratasnya, meskipun volumenya turun 7 persen tahun-ke-tahun pada Q4 menjadi 69,3 juta unit dalam menghadapi “persaingan ketat” dari Apple, Huawei dan lainnya di seluruh pasar inti India, Eropa dan AS.

Strategy Analytics mematok pengiriman iPhone pada kuartal ke 65,9 juta, turun 15 persen, di belakang kerugian besar di China. “Permintaan untuk model XR, XS, dan XS Max yang baru turun di bawah ekspektasi”, kata direktur eksekutif Strategy Analytics, Neil Mawston.

Pengiriman Huawei tumbuh 48 persen menjadi 60,5 juta unit dan, secara signifikan, pertumbuhan 35 persen setahun penuh berarti sekarang “hanya kumis di belakang Apple”. Dengan Huawei yang naik sebagai Apple berjuang, diharapkan perusahaan China akan mengambil tempat nomor dua untuk tahun penuh 2019.

Lebih jauh ke bawah daftar, Oppo bertahan ke tempat keempat, meningkatkan pangsa pasarnya saat memperluas operasinya di seluruh Eropa dan Afrika untuk melengkapi kehadiran utama Asia-nya. Kinerja Xiaomi digambarkan sebagai “loyo”, dengan pertumbuhannya mencapai dalam beberapa bulan terakhir tahun ini oleh persediaan terlalu banyak menimbun dan persaingan ketat di pasar termasuk Cina dan India.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *