Search
Jumat 25 September 2020
  • :
  • :

Bluetooth Generasi Ke-5 Hadir Membuat Ponsel Pintar Kian Pintar

MAJALAH ICT – Jakarta. Konektivitas nirkabel telah memasuki generasi berikutnya dengan kedatangan Bluetooth generasi ke-5, yang membawa kecepatan yang lebih cepat dan interoperabilitas lebih luas menyusul membanjirnya perangkat internet of things (IOT) di pasar.

Bluetooth 5  yang mengambil alih versi Bluetooth saat ini, yaitu versi 4.2, siap untuk mengantarkan era baru teknologi yang mampu memberikan layanan pemetaan dalam ruangan untuk navigasi pusat perbelanjaan dan tempat-tempat lain. Tidak hanya akan membantu pembeli menemukan jalan mereka di sekitar di toko, tetapi juga akan memungkinkan pemasar untuk melayani iklan lokasi atau konteks tertentu berdasarkan mana pelanggan berada.

Versi terbaru dari Bluetooth menawarkan empat kali jangkauan, ganda kecepatan dan delapan kali kapasitas pesan broadcast dari versi sebelumnya, yang akan memungkinkan untuk koneksi lebih luas dan lebih dapat diandalkan terutama dalam aplikasi rumah pintar dimana pengguna akan dapat berjalan lebih jauh dari speaker bluetooth tanpa ponsel kehilangan koneksi dan musik terpotong, misalnya.

Secara khusus, Bluetooth 5 mempercepat dari 1Mbps 2Mbps tanpa mengkonsumsi energi tambahan. Bluetooth Special Interest Group (Bluetooth SIG) mengatakan perangkat ini akan menyediakan koneksi lebih responsif untuk “skenario kritis” dimana kecepatan adalah yang terpenting, seperti dalam perangkat medis dan sistem keamanan.

Pada saat yang sama, Bluetooth 5 lebih mampu berkolabirasi dengan teknologi nirkabel seperti Wi-Fi dan LTE dan juga lebih fleksibel, dalam hal ini dapat dikembangkan di sekitar kebutuhan konsumen dan dapat disesuaikan dalam hal jangkauan, kecepatan dan keamanan tergantung pada skenario penyebaran.

Tentu saja, untuk mengambil keuntungan dari teknologi baru chip yang mendukung Bluetooth 5. Kabar baiknya adalah bahwa produk ini dapat mulai dilihat dalam waktu dua sampai enam bulan, sesuai dengan apa yang diungkapkan Bluetooth Special Interest Group (SIG).

Mark Powell, direktur eksekutif dari Bluetooth SIG, mengatakan, “Bluetooth merevolusi bagaimana orang memanfaatkan IoT. Bluetooth 5 terus mendorong revolusi ini dengan memberikan koneksi IOT handal dan memobilisasi adopsi beacon, yang pada gilirannya akan menurunkan hambatan koneksi dan memungkinkan. pengalaman IOT yang mulus.

“Ini berarti seluruh rumah dan bangunan, serta penggunaan baru untuk aplikasi luar ruangan, industri, dan komersial akan menjadi kenyataan. Dengan peluncuran Bluetooth 5, kami terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pengembang IOT dan konsumen sementara tetap setia kepada inti dari bluetooth, standar wireless global yang sederhana, aman, dan digunakan untuk konektivitas.”

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *