Search
Rabu 8 April 2020
  • :
  • :

Centratama Menangkan Tender Akuisisi 1.054 Menara XL Axiata

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Centratama Menara Indonesia (CMI), anak usaha PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT), memenangkan tender akuisisi atas 1.054 menara milik PT XL Axiata Tbk. Penandatanganan perjanjian jual beli untuk transaksi ini telah dilaksanakan pada hari Jumat lalu, 7 Februari 2020. Untuk akuisisi ini CMI mendapatkan dukungan pembiayaan dari DBS Bank Ltd. dan ING Bank N.V. yang juga bertindak sebagai financial advisors.

Dengan memperhitungkan lease back yang akan dilakukan XL Axiata untuk penempatan perangkatnya, menara-menara yang diakuisisi tersebut berpotensi memberikan kontribusi tambahan revenue tahunan sebesar kira-kira Rp 215 miliar.  Melalui pertumbuhan anorganik yang signifikan ini, CENT dapat memperoleh manfaat dari economies of scale yang dicapai serta positioning yang lebih baik lagi sebagai mitra penyedia infrastruktur bagi seluruh operator telekomunikasi di tanah air.

CENT berkeyakinan pada masa mendatang industri telekomunikasi nirkabel masih akan terus tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan kapasitas layanan seluler. Penambahan 1,054 menara ini akan semakin memperkuat posisi Centratama sebagai penyedia menara telekomunikasi independen terbesar ke-4 di Indonesia. Pada akhir tahun 2019 CENT mengelola 2.124 menara telekomunikasi dengan rasio tenansi 1.58x, serta 841 sites DAS In-Building dengan rasio tenansi 1.97x. Di tahun 2020, CENT mencadangkan belanja modal (capex) sekitar Rp 2,7  triliun yang akan digunakan untuk eskpansi organik maupun anorganik, guna mencapai target pertumbuhan tenansi hingga 60%.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *