Search
Jumat 6 Desember 2019
  • :
  • :

Delegasi UKM Laos Sambangi Kementerian Kominfo Diskusikan Startup dan Digitalisasi UMKM

MAJALAH ICT – Jakarta. Sepuluh orang Delegasi Republik Rakyat Demokratik Laos (Lao PDR) berkunjung ke Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk bertukar informasi mengenai penguatan dan pengembangan startup digital dan digitalisasi Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia.

Dipimpin Deputy Director General, Department of SME Promotion (DOSMEP), Ministry of Industry and Commerce, Mr. Sa Siriphong, delegasi Laos diterima Plt. Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, I Nyoman Adhiarna.

“Nilai transaksi di bidang e-commerce dan ekonomi digital di wilayah Asia Tenggara akan meningkat 3 kali lipat dalam 5 tahun mendatang. Selain infrastruktur, Kementerian Kominfo juga berusaha meningkatkan jumlah UKM yang berjualan di marketplace,” papar Nyoman Adhiarna saat menemui delegasi di Ruang Rapat Laksda TNI Boediharjo, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta.

Menurut Nyoman data di Indonesia menunjukkan dari 63 juta UKM di Indonesia, baru 7,7 persen yang berjualan secara online. Kementerian Kominfo juga mencatat target 8 juta UKM Go Digital pada tahun 2019 sudah terlampaui melalui Gerakan Nasional yang dilakukan lintas kementerian/lembaga bersama pemangku kepentingan lain.

“Tahun 2017 sudah 4,6 juta, yang online dan tahun 2019 kita sudah melampaui target 8 juta UKM Go Digital,” jelasnya.

Plt. Direktur Ekonomi Digital menegaskan usaha untuk mewujudkan UKM Go Digital membutuhkan koordinasi lintas kementerian/lembaga dan tidak bisa dikerjakan Kementerian Kominfo.

“Tantangan lain yang juga dihadapi adalah masih banyaknya UKM yang berjualan di marketplace tetapi hanya menjual produk impor sehingga perlu adanya upaya untuk membuat masyarakat berminat membeli produk-produk lokal. Ini adalah tantangan besar untuk menciptakan platform yang membuat masyarakat membeli barang dari UKM lokal,” tegasnya.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *