Search
Kamis 4 Juni 2020
  • :
  • :

Dorong Agar Tetap Produktif #DiRumahAja, Kominfo Buka Online Academy DTS

MAJALAH ICT – Jakarta. Untuk meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia yang sedang #dirumahaja dalam situasi darurat wabah virus korona atau Covid-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelenggarakan Online Academy dalam Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2020.

“Beasiswa ini merupakan upaya Kominfo untuk mendukung arahan Presiden mengenai physical distancing. Sekaligus untuk meningkatkan keterampilan di bidang IT yang bisa dilaksanakan dari rumah,” tutur Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar di Jakarta.

Pelaksanaan pelatihan dalam jaringan (daring) menurut Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo sesuai dengan arahan Pemerintah untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan berdoa di rumah. 

“Peserta Online Academy akan belajar secara mandiri secara online dan peserta mengatur waktu belajar secara mandiri dan terjadwal sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Berkisar antara 1 hari sampai 9 minggu sesuai dengan tema yang dipilih,” tutur Basuki Yusuf Iskandar.

Oleh karena itu, Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo mendorong masyarakat agar memanfaatkan peluang beasiswa DTS 2020 dengan baik. “Kominfo berharap masyarakat dapat memanfaatkan beasiswa ini. Juga mendorong masyarakat tetap produktif melalui beasiswa pelatihan dan sertifikasi yang dilaksanakan Kementerian Kominfo,” ungkapnya.

Terbuka Bagi Disabilitas 

Basuki Yusuf Iskandar menjelaskan beasiswa pelatihan  terbuka untuk Warga Negara Indonesia dengan menunjukkan identitas Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga saat pendafataran.

“Pendaftaran dilakukan online melalui laman digitalent.kominfo.go.id. Persyaratan khusus bagi setiap tema akan berbeda. Peserta perlu teliti untuk memilih dan melengkapi persyaratannya,” ingatnya. 

Bahkan, Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo menyatakan beasiswa pelatihan Online Academy juga terbuka bagi penyandang disabilitas. “Seluruh pelatihan terbuka untuk penyandang disabilitas. Dengan sarana prasarana disediakan oleh peserta secara mandiri,” jelasnya.

Gandeng Globaltech Company

Menurut Kepala Badan Litbang SDM, materi pelatihan dalam Program DTS 2020 disiapkan Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Global Technology Company. “Kami bekerja sama dengan Global Technology Company, Asosiasi Digital Marketing, dan juga mitra-mitra lainnya,” ungkapnya.

Untuk Tahun 2020, Program DTS ditargetkan menjangkau 60 ribu orang peserta dari seluruh Indonesia. Selain Online Academy terdapat juga beberapa akademi lainnya seperti Thematic Academy, Digital Entrepreneurship Academy, Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Coding Teacher Academy, dan Regional Development Academy.

Penyelenggaran akademi itu bekerja sama dengan beragam mitra penyelenggara seperti perguruan tinggi, Global Tech Company antara lain Cisco, Google, Red Hat Indonesia, Progate, AWS Educate, Facebook, IBM Indonesia, Oracle Academy, Asosiasi Digital Marketing Indonesia, dan mitra lainnya.

Pascapelatihan  

Kementerian Kominfo juga menyiapkan pendampingan lulusan pelatihan melalui aplikasi Simonas. Tujuannya agar dapat memfasilitasi bertemunya talenta digital dengan peluang kerja dan usaha di berbagai perusahaan teknologi atau peluang wirausaha lainnya.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *