Search
Senin 21 September 2020
  • :
  • :

Dorong Jutaan UMKM #MelajuBersamaGojek, Aplikasi GoBiz Semakin Optimal dengan Inovasi Daftar Mandiri

MAJALAH ICT – Jakarta. Lebih dari 90% mitra usaha Gojek merasa sangat terbantu dengan teknologi yang tersedia di ekosistem Gojek untuk bertahan di masa pandemi, salah satunya teknologi andalan adalah aplikasi GoBiz. Super app Gojek untuk mitra usaha ini melengkapi ekosistem bisnis Gojek untuk UMKM, dan telah menjadi aplikasi andalan para mitra usaha menghadapi berbagai tantangan keseharian bisnis dan mendukung pengembangan usaha selama 2 (dua) tahun terakhir.  Kini, untuk semakin menjawab kebutuhan UMKM untuk beradaptasi cepat dan mengembangkan usahanya dengan go-digital, layanan GoBiz semakin optimal dengan menghadirkan inovasi Daftar Mandiri.

Inovasi tersebut merupakan bagian dari inisiatif #MelajuBersamaGojek, sebuah solusi inklusif dan komprehensif yang ditawarkan Gojek untuk pelaku UMKM di berbagai skala usaha untuk go digital.

Dalam sesi diskusi sekaligus peluncuran inovasi Daftar Mandiri GoBiz hari ini (15/9), Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung mengatakan “GoBiz adalah bagian dari solusi komprehensif Gojek dalam memfasilitasi pelaku UMKM untuk meraih kesempatan dengan go digital di tengah masa yang penuh tantangan ini. Kami memahami, di tengah pemberlakuan kembali PSBB di ibukota misalnya, ada kebutuhan untuk UMKM segera melakukan transformasi digital. Oleh karena itu, kami percaya, kemudahan dan keamanan akses dalam proses aktivasi kian mendukung mitra UMKM untuk memulai usaha, beradaptasi dan mampu melebarkan sayap bisnisnya. Di aplikasi GoBiz terbaru, mitra UMKM bisa memanfaatkan fitur Daftar Mandiri untuk melakukan pendaftaran, mengecek status verifikasi, dan aktivasi akun secara mandiri.”

“Dengan keandalan teknologi ini, proses digitalisasi UMKM kini jadi lebih mudah dan aman, terbukti di tengah pandemi, Gojek berhasil mempercepat digitalisasi UMKM, dengan bergabungnya 265.000 UMKM kuliner sebagai mitra merchant GoFood di periode Maret-Agustus 2020,” lanjut Novi. 

Dalam kesempatan yang sama, Mitra Usaha GoFood, Pemilik Ayam Si Jagur Sambel Ngajelegur, Bandung, Eka Sopian, membagikan kesuksesan pengembangan bisnisnya bersama GoBiz. Eka memulai usaha kulinernya dengan sebuah warung sederhana dan bermitra dengan GoFood,  kini,  belum genap 3 (tiga) tahun, ia sudah mengelola 4 (empat)  cabang usaha. “Sebagai pengusaha kuliner, GoBiz adalah aplikasi andalan saya karena aplikasi ini punya semua solusi yang saya butuhkan. Fitur GoBiz andalan saya adalah fungsi pencatatan dan rekap otomatis transaksi di warung, selain cepat dan efisien, layanan otomasi ini sangat membantu sejak usaha saya masih minim jumlah karyawan.” tutur Eka. “Selain itu, untuk menjaga kesetiaan pelanggan, saya rutin membuat promosi mandiri setiap bulan, selain rutin mengikuti periode promo GoFood. Hal ini sangat mudah dilakukan dengan adanya aplikasi GoBiz dalam genggaman,” lanjut Eka. 

Aplikasi GoBiz memberikan kemudahan bagi mitra usaha dalam mengembangkan usaha dan mengatur operasional bisnis dalam satu genggaman, seperti Kemudahan Pengembangan Usaha berupa perluasan akses pasar melalui GoFood; pembayaran non tunai dengan GoPay dan pembayaran di outlet dengan QRIS; pengaturan promosi secara mandiri; pengajuan modal usaha. Kemudahan Operasional Bisnis berupa pencatatan dan rekap otomatis seluruh transaksi; manajemen resto didukung laporan cepat terintegrasi dengan Point of Sale (POS).

Untuk memulai usaha bersama Gojek, UMKM cukup mengunduh aplikasi GoBiz di Google PlayStore (sistem operasi Android) dan mengisi formulir registrasi daring. Registrasi akun meliputi informasi lengkap terkait identitas pemilik, informasi bank, informasi usaha, hingga area operasional. Apabila ada data yang kurang lengkap, tim verifikasi akan kembali menghubungi pendaftar. Setelah lolos verifikasi dan konfirmasi ulang, akun akan teraktivasi dan mitra usaha bisa mulai menerima pesanan dengan GoBiz.

Inovasi GoBiz untuk Digitalisasi UMKM Dukung Perluasan Dampak Sosial Positif dan Ketahanan Perekonomian Indonesia

Keberhasilan upaya Gojek dalam mendukung mitra usaha di tengah pandemi COVID-19 telah diakui oleh hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) bertajuk “Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19”. Salah satu temuan riset tersebut menyebutkan bahwa aplikasi GoBiz dinilai paling membantu mitra usaha dalam menjalankan bisnis selama pandemi, lewat program pengaturan promosi sendiri (68%), disusul layanan lainnya, seperti layanan pembayaran GoPay (39%) dan layanan pengantaran Gojek (33%). 

Teknologi GoBiz yang memungkinkan mitra UMKM untuk mengembangkan usaha secara mudah, dengan fitur andalan seperti pengaturan promosi sendiri dan membantu operasional usaha lewat penerimaan pembayaran nontunai, membuat GoBiz semakin menjadi andalan mitra UMKM. Sejak diluncurkan di tahun 2018, super app GoBiz telah berhasil membantu lebih dari 600.000 mitra usaha sektor kuliner, ritel, dan berbagai sektor lainnya, untuk terhubung dengan lebih dari 170 juta pengguna aplikasi Gojek di Indonesia.

Inisiatif #MelajuBersamaGojek ini juga sejalan dengan target Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI untuk menghubungkan 10 juta UMKM Tanah Air ke platform digital sampai akhir tahun 2020. 

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *