Search
Kamis 28 Oktober 2021
  • :
  • :

Dua Tahun Datacomm Cloud Business: Raih Sertifikat ANSI/TIA-942:2017 dan Gandeng PGASCOM

MAJALAH ICT – Jakarta. Datacomm Cloud Business, unit bisnis PT Datacomm Diangraha yang menyediakan layanan cloud, menyampaikan dua pengumuman sebagai bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun ke-2 Datacomm Cloud Business yang jatuh pada 8 Oktober 2017 lalu. Pertama, diperolehnya sertifikat ANSI/TIA-942:2017 untuk Pusat Datanya dari lembaga Enterprise Products Integration (EPI). Kedua, menjalin kerja sama colocation Pusat Data dengan PT PGAS Telekomunikasi Nusantara (PGASCOM).

ANSI/TIA-942:2017 merupakan standarisasi Pusat Data dengan kualifikasi international. Adapun cakupan dari sertifikasi ini tidak hanya meliputi bidang Mechanical dan Electrical seperti sertifikasi Pusat Data lainnya, melainkan juga bidang Architecture dan Telecomunication. Pusat Data Datacomm dinyatakan telah memenuhi standard Rated 3 TIA-942:2017 untuk disain infrastruktur dan Datacenter Operation Standard level 4 (DCOS-Maturity 4 ) untuk manajemen operasionalnya.

Diperolehnya sertifikat ANSI/TIA-942:2017 ini membuktikan komitmen kuat Datacomm untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, memberikan jaminan keamanan dan layanan terbaik bagi para pelanggannya. Sertifikat tersebut diberikan oleh EPI sebuah lembaga independen yang memberikan berbagai layanan Pusat Data dengan standar kelas dunia.

Hermen Rudolph, Direktur Datacomm Diangraha mengatakan, “Sertifikasi ini merupakan langkah nyata kesiapan Datacomm untuk mendukung pengembangan infrastruktur digital di Indonesia dengan tingkat keamanan dan kehandalan yang tinggi. Kedua sertifikasi ini memberikan jaminan ketersediaan layanan perusahaan dari sisi kehandalan fasilitas/infrastruktur maupun manajemen operasional Datacenter.”

Jan Willem Mooren, Managing Director of EPI Malaysia mengatakan, “Menjadi organisasi yang pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi DCOS, Datacomm telah menetapkan posisi sebagai pemimpin dalam peningkatan operasional data center. DCOS adalah merek global yang berkualitas dan setiap pelanggan yang menggunakan layanan outsourcing Pusat Data wajib meminta kepada penyedia layanannya untuk menyediakan merek yang berkualitas. Kami, EPI Certification sebagai Lembaga Sertifikasi (Certification Body) yang independen telah mengaudit banyak Pusat Data di seluruh dunia dan kami dengan senang hati memberikan penghargaan kepada Datacomm sertifikasi DCOS Maturity Level-4 karena Datacomm telah membuktikan di dalam proses operasional Pusat Data mereka telah memenuhi persyaratan ketat dari standar global tersebut. Oleh karena itu, para pelanggan Datacomm dapat dipastikan telah menerima layanan kelas dunia.”

Kerja Sama Dengan PGASCOM

Datacomm menjalin kerjasama colocation Pusat Data dengan PGASCOM yang tergabung dalam Datacomm Datacenter Federation (DDF). Datacomm Datacenter Federation menawarkan Pusat Data yang Distributed, Scalable, dan Fault Tolerant. Dilengkapi dengan fitur tambahan seperti High Capacity Connectivity ke Local Internet Exchange dan International Cloud Exchange Connectivity.

Datacomm Datacenter Federation memberikan jaminan service dan compliance yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis, Pusat Data yang berkualitas, reliable, dan scalable. Dikombinasikan dengan Cloudciti Infrastructure as a Service, layanan cloud dan Pusat Data Datacomm akan memberikan interconnectivity antar Pusat Data yang memungkinkan untuk bekerja sama, berbagi resource, atau memindahkan workload satu sama lain dengan lokasi Pusat Data di Jakarta, Bandung, dan Medan.

“Kami sangat gembira dengan kerja sama ini. Datacomm Cloud Business telah bekerja keras bersama dengan mitra bisnis strategis kami untuk mewujudkan kerjasama luar biasa ini sekaligus sebagai kado ulang tahun ke-2 bagi Datacomm Cloud Business. Kerja sama ini juga membuktikan komitmen Datacomm Cloud Business dalam memberikan layanan komputasi awan terbaik kepada para pelanggan kami,” kata Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business.

Sri Budi Mayaningsih, CEO PGASCOM mengatakan,”Bekerjasama dan tergabung dengan Datacomm Datacenter Federation (DDF) merupakan sebuah langkah strategis guna mengoptimalkan utilisasi fasilitas bersama yang ada, dan meningkatkan kehandalan layanan Pusat Data bersama. Trend penggunaan layanan Pusat Data dalam negeri semakin meningkat karena adanya kebijakan Pemerintah untuk menyimpan data di dalam negeri, begitu pula penggunaan cloud services, karena menjadikan perusahaan pengguna menjadi lebih efisien baik dalam investasi perangkat maupun SDM, mendukung operasional yg cepat dan tepat serta terjamin keamanan datanya. PGASCOM dengan semangat “Hadir Untuk Negeri”, akan terus meningkatkan layanannya di bidang ICT.”

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *