Search
Jumat 22 Januari 2021
  • :
  • :

Dukung Pengembangan Industri SaaS, Mekari Terus Berinovasi

MAJALAH ICT – Jakarta. Indonesia masih menghadapi pandemi dimana kasus COVID-19 terus meningkat. Perencanaan vaksin yang akan dilakukan pada 2021 menjadi harapan bagi Indonesia untuk bangkit. Namun, pemulihan ekonomi tidak bisa hanya bergantung dengan hal tersebut. Perlu ada perencanaan matang yang dilakukan pemilik bisnis untuk bersiap menghadapi 2021 di tengah ketidakpastian.

“Hampir satu tahun masa pandemi berlangsung, kami melihat banyak bisnis yang sudah beradaptasi dan terbiasa dengan konsep bekerja dari rumah dan mengandalkan teknologi secara menyeluruh, namun masih banyak bisnis lainnya yang bertahan dengan pola kerja lama. Cepat atau lambat, bisnis harus mengatur SOP kerja baru yang relevan dan memanfaatkan teknologi dengan komprehensif dalam mendukung operasional,” ujar Rieka Handayani, Head of PR & Brand Mekari.

Berkomitmen memberikan solusi bisnis modern bagi UKM hingga large enterprise melalui produk – produk yang dimiliki, Mekari sebagai perusahaan software as a service (SaaS) terus melakukan inovasi sepanjang tahun 2020. Dengan harapan, Mekari bisa membantu bisnis mendirikan sistem operasional yang modern dan relevan sesuai kebutuhan dan kondisi pandemi saat ini. Pengembangan produk yang dilakukan Mekari di 2020 yang bisa menjadi pilihan solusi operasional bagi pemilik bisnis antara lain:

Talenta, Solusi Absensi dan Payroll Karyawan Secara Online

Pemberlakuan kerja dari rumah maupun parsial yang dilakukan sejak awal pandemi mendorong bisnis untuk memastikan karyawan tetap bekerja dengan produktif dan terukur. Talenta sebagai software human resources information system (HRIS) dan payroll berbasis cloud menjadi solusi terdepan dalam mengatasi pengelolaan kehadiran dan payroll karyawan. Dengan Talenta, karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah melalui aplikasi di smartphone. HR juga dimudahkan dalam mengelola rekap kehadiran, izin sakit, cuti, hingga reimbursement karyawan secara akurat dan bisa diakses realtime.

Rieka menambahkan, “Kami juga menghadirkan fitur deteksi gejala awal COVID-19 yang bisa diisi karyawan melalui aplikasi sehingga HR bisa memantau kondisi kesehatan karyawannya. Selain itu, Talenta juga melakukan update berkala pada kebijakan pemerintah yang berhubungan seperti  kebijakan insentif PPh Pasal 21 DTP atau ada penyesuaian di iuran BPJS, sehingga bisa dipotong secara otomatis saat payroll dilakukan.”

Menghadirkan Mekari Flex, Platform Flexible Benefit bagi Karyawan

Remote working dan jadwal kerja yang fleksibel diprediksikan akan menjadi normal baru, pun jika masa pandemi telah berakhir. Dengan kondisi ini, bisnis perlu memberikan perhatian khusus untuk memastikan hubungan dan dukungan yang baik bagi karyawan. Pemberian benefit yang fleksibel bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis. Mekari berusaha membantu segala jenis bisnis mewujudkan pengelolaan benefit yang fleksibel melalui kehadiran Mekari Flex.

Mekari Flex merupakan platform digital untuk mengelola benefit karyawan yang lebih fleksibel dan terintegrasi dengan HRIS Talenta. Dengan Mekari Flex, bisnis bisa memberikan benefit yang fleksibel sesuai kebutuhan karyawan tanpa lagi ribet mengurus proses administrasi vendor, pengaturan budget, hingga reimbursement secara manual. Bekerjasama dengan lebih dari 30 partner vendor yang terbagi menjadi pilar asuransi, kesehatan, lifestyle, dan commuting, karyawan bisa memilih benefit secara bebas dan langsung dari aplikasi di smartphone dengan budget yang sudah disediakan oleh perusahaan. Pemberian flexible benefit ini diharapkan bisa meningkatkan kebahagiaan karyawan dan membuat karyawan merasa dimengerti kebutuhannya, yang berdampak pada produktivitas kerja yang lebih maksimal.

Hadirnya Jurnal Enterprise+

Mekari melalui produk Jurnal, software akuntansi dan keuangan online, terus melakukan pengembangan fitur berdasarkan riset dan kebutuhan pasar. Di tahun 2020 ini, Jurnal menghadirkan paket terlengkap Jurnal Enterprise+ yang menargetkan perusahaan dengan size enterprise sebagai penggunanya.“Berdasarkan riset dengan para pengguna Jurnal, size perusahaan dan transaksi besar biasanya membutuhkan beberapa proses tambahan berbeda seperti approval atasan, proforma invoice dan lainnya, yang kalau dilakukan secara manual akan sangat memakan waktu,” tambah Rieka. Jurnal Enterprise+ memiliki 3 fitur utama sebagai pembeda dari paket Jurnal Enterprise biasa yaitu multi-product pricing, proforma & join invoice, serta user permission & approval.

Dengan paket Jurnal Enterprise+, bisnis bisa mengatur transaksi secara fleksibel, pencatatan dilakukan secara automasi dan terpusat, terhindar dari risiko kesalahan transaksi karena adanya pengontrolan otorisasi dan approval internal, serta bisa mengoptimalkan strategi penjualan sesuai dengan kebutuhan. Ketiga fitur tambahan ini akan memperkuat fitur Jurnal lainnya seperti laporan bisnis dan keuangan, akuntansi, product dan inventory, kas dan transaksi, biaya dan anggaran, hingga perpajakan yang sudah terintegrasi dengan Klikpajak.

 Kemudahan Pelaporan Pajak Online melalui Klikpajak

Dengan pemberlakuan kerja dari rumah dan pelayanan perpajakan offline yang sempat terhenti, produk Klikpajak bisa menjadi solusi bisnis dalam mengurus perpajakan. Klikpajak merupakan aplikasi pengelolaan pajak berbasis online untuk pribadi maupun bisnis yang telah menjadi mitra pajak resmi dari Direktorat Jenderal Pajak Indonesia (DJP). Sebagai mitra resmi DJP dan platform alternatif pembayaran pajak bagi publik, Klikpajak tentunya secara berkala melakukan update sesuai dengan fitur – fitur yang dirilis oleh DJP.

Saat ini, Klikpajak telah menghadirkan e-Filing, e-Bupot, e-Faktur versi terbaru 3.0, dan juga memperbarui fitur e-Billing dimana dengan pembaruan ini Wajib Pajak cukup mengakses satu platform untuk membuat Kode Billing dan melakukan pembayaran billing secara langsung melalui Virtual Account dari bank terpilih yang telah terintegrasi dengan Klikpajak. Selain itu, Klikpajak kini menghadirkan fitur Multi User dimana pemilik usaha atau perusahaan bisa memberikan akses kepada beberapa pengguna untuk mengakses aplikasi Klikpajak di bawah nama perusahaan yang sama. Perusahaan yang memiliki beberapa cabang juga bisa menggunakan fitur Multi Company untuk mengelola aktivitas perpajakan perusahaan induk dan cabang langsung dalam satu akun tanpa batasan jumlah perusahaan.

Integrasi antar produk juga menjadi salah satu poin yang dikedepankan Mekari dalam memastikan bisnis menggunakan setiap layanan dengan mudah. Misalnya, integrasi Talenta dengan Mekari Flex, harapannya bisa menjadi one stop solution untuk semua kebutuhan HR dan perusahaan dari mulai administrasi karyawan, payroll hingga manajemen.

Selain itu, Mekari juga menghadirkan integrasi antara Jurnal dan Klikpajak. Pengusaha Kena Pajak atau PKP yang  menggunakan aplikasi akuntansi online Jurnal, akan semakin mudah dalam membuat dan mengelola e-Faktur karena Klikpajak bisa menarik data langsung dari laporan keuangan yang ada di dalam Jurnal. Didukung oleh teknologi API integration, administrasi perpajakan PKP akan mudah dilakukan dengan cepat dan akurat.

Rieka menambahkan, “Data menjadi kunci utama dalam menjalankan operasional bisnis dengan bantuan dari produk kami. Karenanya, kami menjamin dan memastikan bahwa keseluruhan data pengguna aman dan tidak disalahgunakan. Komitmen ini kami tunjukkan dengan memastikan seluruh produk kami telah tersertifikasi ISO27001 untuk keamanan informasi.”

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *