Search
Jumat 27 November 2020
  • :
  • :

Gara-Gara Komentar Tim Cook, Apple akan Digugat

MAJALAH ICT – Jakarta.Apple akan menghadapi gugatan oleh pemegang saham yang menuduh Kepala Eksekutif Apple Tim Cook menyembunyikan permintaan iPhone yang berkurang di China, yang mengakibatkan kerugian investor.

Hakim Distrik AS Yvonne Gonzalez Rogers mengatakan pemegang saham memiliki hak untuk menuntut Cook atas komentarnya, yang datang selama panggilan telepon 2018, di mana Cook dan analis membahas tekanan penjualan di pasar tertentu dan Cook berkata, “Saya tidak akan menempatkan China dalam kategori itu, Reuters melaporkan.

Dalam keputusan setebal 23 halaman, Rogers mengatakan pemegang saham berpendapat bahwa pernyataan Cook tentang panggilan analis tentang China adalah salah dan menyesatkan.

Rogers mengatakan bahwa meskipun Cook mungkin tidak mengetahui secara spesifik tentang “tanda-tanda masalah” di China, perusahaan tersebut mulai melihat tanda-tanda peringatan awal. Penggugat mengatakan Cook tahu tentang risiko ketika membahas China atas panggilan analis, dan ‘bahwa Cook tidak bertindak tidak bersalah atau dengan kelalaian belaka, “tambah Reuters.

Setelah panggilan tersebut dipertanyakan, Apple mengatakan kepada pemasok untuk membatasi produksi, dan tidak lama kemudian, perusahaan memangkas perkiraan pendapatan kuartalannya hingga $ 9 miliar. Cook menyalahkan perkiraan tersebut pada ketegangan perdagangan di China dan AS, Forbes melaporkan.

Perkiraan yang diturunkan adalah yang pertama oleh Apple sejak peluncuran iPhone pada tahun 2007. Saham Apple turun 10% keesokan harinya, yang setara dengan $ 74 miliar dari nilai pasar yang hilang.

Apple dan Cook mengatakan tidak ada bukti bahwa mereka menipu atau bermaksud menipu investor.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *