Search
Senin 9 Desember 2019
  • :
  • :

Gerakan #PandaiLogistik Mengajak Pelaku UMKM Memaksimalkan Solusi Logistik Terkini

MAJALAH ICT – Jakarta. Gerakan #PANDAILOGISTIK adalah yang mendorong agar semua pihak, baik pemerintah maupun korporasi dan pelaku bisnis, terutama UMKM untuk memperhatikan dan mengoptimalkan sisi logistik dari bisnisnya.

Pada tahun 2015, terdapat 57.9 juta UMKM di Indonesia berkontribusi sebanyak 55.6% ke PDB, namun hanya 9% di antara UMKM tersebut yang memiliki kemampuan e-Commerce. Jika melihat potensi pasar digital, transaksi UMKM Indonesia pada tahun 2020 akan meningkat. Hal ini didorong dari potensi pasar digital yang tumbuh 20.2% di setiap tahunnya. Ditambah, transaksi e-Commerce Indonesia naik 9 kali lipat dari tahun 2015 menuju tahun 2020.

eCommerce kini menjadi avenue baru yang menjadi wahana para pelaku bisnis UMKM untuk tumbuh pesat, kemudahan untuk melakukan pemasaran digital, transaksi dan mencari pasar baru kini terbuka lebar, tapi kadang pelaku bisnis belum memperhatikan dan mengoptimalkan sisi logistik yang adalah elemen utama dari kepuasan konsumen.

Dengan latar belakang itu #PandaiLogistik sebagai sebuah gerakan melaksanakan Talkshow yang pertama di Financial Club, Graha CIMB Niaga pada hari Kamis 14 November 2019 di mana sepanjang hari melakukan sesi talkshow yang bertujuan mengedukasi UMKM dari berbagai sisi terutama untuk pengetahuan tentang trend dan solusi terbaru, baik itu dari sisi bisnis, digital marketing, logistik termasuk ekspor.

Rocky Pesik, CEO Caraka Group dan Direktur DHL Express Indonesia, sebagai pelaku yang sudah lama bergelut di dunia logistik mengatakan bahwa, “Logistik adalah bahan bakar dari bisnis, banyak optimasi dan penghematan yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM dengan memaksimalkan solusi logistik yang dilakukan. Dengan mengoptimalkan seluruh proses pemenuhan order yang dimiliki oleh pelaku UMKM maka bisnis bisa punya harga yang lebih kompetitif dan punya daya tahan bisnis lebih kuat. Belum lagi bicara tentang potensi ekspor, seperti arahan Presiden Jokowi, yang seringkali tidak terjadi karena kekuranganpengetahuan dari pelaku UMKM.”

Sementara itu, Enda Nasution, Founder & Partner SUVARNA.ID, penyedia layanan komunikasi digital mengatakan bahwa, “Bisnis UMKM adalah bisnis yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, dengan kehadiran teknologi digital, terutama media sosial maka kendala dan biaya bisnis dan marketing UMKM bisa menjadi jauh lebih murah.” dia juga menyambung bahwa, “salah satu kendala yang sering kita temukan adalah dari sisi logistik bagi UMKM yang sedang atau mau tumbuh besar, istilah kami adalah UMKN Naik Kelas, karena itu gerakan #PandaiLogistik ini berusaha untuk menyebarkan pengetahuan seluas-luasnya tentang mikro logistik.”

Talkshow #PandaLogistik ini akan dilanjutkan ke kota-kota lain di Indonesia untuk menjangkau lebih banyak lagi UMKM di seluruh penjuru Indonesia. Gerakan ini juga mengajak agar semua elemen suksesnya bisnis UMKM, dari finansial, marketplace, produk lokal, marketing, bank dan banyak lagi untuk bergerak bersama agar UMKM Indoneia makin maju.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *