Search
Rabu 24 Juli 2019
  • :
  • :

GK-Plug and Play Indonesia Gandeng 2 Korporasi dan Akselerasi 16 Inovasi Teknologi di Expo Day 4.0

MAJALAH ICT – Jakarta. GK-Plug and Play Indonesia (GK-PnP) telah sukses menggandeng 2 korporasi baru dari Gunung Sewu Group yaitu Sequis Life dan Great Giant Pineapple. Melalui kolaborasi ini, kedua perusahaan akan bergabung bersama Astra Internasional, BNI, BTN dan Sinarmas untuk masuk ke dalam ekosistem inovasi GK-Plug and Play Indonesia.

“Kami menyambut gembira adanya kemitraan antara Sequis dengan GK-Plug and Play Indonesia (GK-PnP). Dengan kerja sama ini, kami bisa mendapatkan akses langsung ke berbagai startup berskala global melalui ekosistem yang dimiliki Plug and Play. Kami juga melihat adanya potensi untuk mendapatkan kesempatan dalam memilih dan menjalin kerja sama dengan perusahaan startup terbaik yang nantinya dapat kami manfaatkan untuk menjaring ide-ide kreatif dan merealisasikan solusi baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini dan masa depan serta mengoptimalkan kerjasama dengan mitra bisnis. Kemitraan ini akan memiliki manfaat besar karena akan membantu akselerasi strategi bisnis kami serta membuat kami selangkah lebih dekat dengan tujuan awal pendirian Sequis, yaitu menjadi perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan terkemuka di Indonesia dan membantu nasabah kami untuk mencapai hari esok mereka yang lebih baik.” ujar President Director & CEO PT Asuransi Jiwa Sequis Life, Tatang Widjaja.

“Kerjasama antara Great Giant Pineapple (GGP) dengan GK-Plug and Play Indonesia dapat menjadi terobosan besar bagi GGP selaku perusahaan hortikultura di Indonesia. GGP menaruh perhatian besar dalam perkembangan teknologi, dan melihat adanya potensi pada kerjasama ini, mengingat semakin pesat perkembangan teknologi di dunia, dan khususnya di Indonesia. Dengan adanya kerjasama antara GGP dan GK-Plug and Play Indonesia, dapat mengakomodir kebutuhan dan permintaan jasa teknologi yang berkaitan dengan kegiatan usaha hortikultura, sehingga diharapkan GGP bisa menjadi pelopor (pioneer) dalam penggunaan agri-teknologi.” ujar Bapak Iswanto, Presiden Direktur PT. Great Giant Pineapple.

Di sisi lain, GK-Plug and Play Indonesia menambahkan bahwa visi GK-Plug and Play Indonesia sebagai penyedia ekosistem terbesar di Indonesia untuk merangkul kerjasama antara korporasi dan startup. “Kami sangat senang untuk menyambut dua (2) mitra korporasi baru yaitu Sequis Life dan Great Giant Pineapple di eksosistem inovasi kami. Visi GK-Plug and Play Indonesia adalah menjadi salah satu penyedia ekosistem inovasi teknologi terbesar di Indonesia untuk sektor ​Fintech, Insurtech, Agritech, IoT dan ​Mobility.” ​Ujar Wesley Harjono, ​Managing Partner​ GK-Plug and Play Indonesia.

Selain menggandeng 2 korporasi baru ke dalam ekosistem inovasi, GK-PnP telah berhasil mengakselerasi 16 startup binaan baik startup binaan dari dalam maupun luar negeri pada vertikal ​Internet of Things and ​Mobility, Food and Agritech ​serta ​Fintech ​dan ​Insurtech​. Pada angkatan ke-4 ini adapun ada total 10 startup binaan dalam negeri diantaranya adalah Piniship, Logicnesia, Lacak.io, Rara Delivery, ATM Sehat,Ternak Kopi, Redkendi, Bizhare, Bandingin dan PayOK serta 6 startup dari luar negeri diantaranya adalah Aquifi (Amerika Serikat), Intello Labs (Amerika Serikat), Magpie (Filipina), PolicyPal (Singapura), dan Coinhako (Singapura). 16 startup binaan GK-PnP ini telah lulus dari program akselerasi selama 3 bulan, dimana melalui program ini, startup diberikan segala fasilitas untuk mendukung perkembangannya.

Hingga saat ini, seluruh startup binaan GK-PnP telah mampu memperoleh dana investasi sebesar lebih dari 20 juta USD. “Tahun lalu, total dana investasi yang diperoleh startup binaan GK-Plug and Play Indonesia adalah sebesar 20 juta US Dollar, ini menunjukkan perkembangan empat kali lipat dibanding tahun lalu dan sudah ada lebih dari 25 kolaborasi antara startup dan korporasi di bawah binaan GK-Plug and Play Indonesia,” tambah Wesley Harjono.

Tema “Innovation Beyond Limits” dibawa pada Expo 4.0 GK-PnP adalah bertujuan untuk menginspirasi para inovator muda untuk dapat berinovasi tanpa batas dengan memanfaatkan teknologi dimana dalam memasuki era digital dan revolusi industri 4.0, saat ini dibutuhkan inovasi digital yang mampu memajukan ekonomi Indonesia dari segi industri, tidak hanya ​startup ​saja yang harus berinovasi namun korporasi besar juga harus mampu berinovasi dan melakukan strategi digitalisasi pada business model mereka untuk dapat berkembang dan bertumbuh. Berpusat di Silicon Valley, platform inovasi global GK-Plug and Play Indonesia, selain berperan sebagai startup akselerator, juga berperan dalam mendorong inovasi korporasi dengan menjembatani kolaborasi sinergis antara korporasi dan startup sebagai penyedia solusi teknologi.

Akhir dari program Akselerator GK-Plug and Play Indonesia angkatan ke-4 ini telah menandakan dibukanya kesempatan bagi startup-startup teknologi untuk bergabung ke program GK-Plug and Play Indonesia angkatan ke 5. Pada angkatan atau ​batch ​5 ini, GK-Plug and Play Indonesia akan memfokuskan pada 6 vertikal yaitu ​Internet of Things ​and ​Mobility, Food and Agritech s​ erta ​Fintech ​dan ​Insurtech. Namun demikian, GK-Plug and Play Indonesia tetap akan membuka kesempatan untuk startup inovasi di vertikal lainnya untuk bergabung ke ​ecosystem t​ erutama startup – startup yang dapat membantu korporasi dalam ekosistem inovasi dari GK – Plug and Play Indonesia ​. ​Oleh karena itu, bagi ​startup ​yang tertarik untuk bergabung dan diakselerasi pertumbuhannya dapat mendaftarkan diri melalui formulir aplikasi di ​http://bit.ly/applypnp5​ sebelum 7 Juni 2019.

Berikut profil keenam belas ​startup b​inaan GK-Plug and Play Indonesia angkatan/​batch ​ke-4

1. CoinHako (https://www.coinhako.com/)

Coinhako, layanan dompet terkemuka untuk cryptocurrency dengan tujuan untuk meningkatkan akses cryptocurrency untuk konsumen umum. Coinhako memiliki operasi di seluruh Asia Tenggara

2. PayOK (https://PayOK.id)

PayOK adalah platform seluler yang menyederhanakan keuangan pribadi dengan menawarkan wawasan mendalam tentang perilaku belanja konsumen. Dengan akses yang dapat memantau dan memvisualisasikan pengeluaran mereka, pengguna juga dapat menerima promosi yang relevan dari pedagang favorit mereka.

3. Magpie.IM Inc (https://magpie.im)

Magpie adalah startup berbasis di Filipina yang membangun perangkat lunak yang kuat dan fleksibel untuk pembayaran digital. API Magpie menyediakan lembaga keuangan untuk dapat menciptakan pengalaman inovatif dari mengumpulkan faktur secara otomatis di ponsel, menerima kartu di toko web, atau dibayar hanya dengan pesan teks.

4. Bizhare (http://www.bizhare.id)

Bizhare membantu orang untuk berinvestasi bersama dalam bisnis waralaba, mulai dari USD $400, dengan sistem Crowdfunding Equity. Bizhare juga mendistribusikan laporan keuangan dan distribusi keuntungan bulanan melalui Bizhare Wallet.

5. Bandingin (https://www.bandingin.com)

Bandingin memudahkan pelanggan untuk menemukan produk asuransi terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan masing-masing. Bandingin dapat menemukan produk yang cocok secara “custom” yang memastikan perlindungan maksimum untuk pelanggan itu.

6. Vymo (http://www.getvymo.com)

Vymo adalah Asisten Penjualan Pribadi yang diakui Gartner untuk memprediksi apa yang harus dilakukan oleh perwakilan penjualan selanjutnya, mendeteksi tindakan perwakilan secara otomatis, belajar dari perwakilan terbaik di organisasi, melatih perwakilan untuk mencapai hasil terbaik..

7. PolicyPal (https://www.policypal.com/)

PolicyPal menyediakan solusi lengkap terintegrasi bagi pengguna untuk mengelola, membeli, dan mengklaim asuransi mereka. Pengguna dapat mendigitalkan policy mereka pada aplikasi PolicyPal dengan teknologi OCR, mengidentifikasi protection gap dan mendapatkan asuransi baru.

8. Intello Labs (http://www.intellolabs.com)

Intello Labs adalah perusahaan agritech berbasis presisi. Intello Labs telah memelopori aplikasi & peralatan pertama di dunia untuk menguji, menilai, dan menganalisis parameter kualitas visual komoditas pertanian. Intello Labs saat ini menawarkan layanan untuk pengujian dan penilaian gandum, jagung, tomat, kedelai, kentang dan bawang dan berbagai komoditas lainnya

9. ATM Sehat (http://tsi.co.id)

Anjungan Telehealth Masyarakat (ATM) Sehat perangkat lengkap untuk promosi, pemantauan, dan pencegahan kesehatan masyarakat. Pengguna dapat melakukan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, konsultasi langsung, membeli produk kesehatan secara online, memanggil ambulans dengan panic button, dan mendapatkan informasi kesehatan dan tutorial video, semuanya dalam satu perangkat.

10. RaRa Delivery (http://www.rara.delivery)

RaRa Delivery adalah satu-satunya layanan pengiriman jarak tempuh terakhir di Asia Tenggara untuk bisnis eCommerce yang membuat pengiriman pada hari yang sama benar-benar dapat diukur dengan biaya yang paling optimal dengan memanfaatkan model operasional lampu aset dan AI memungkinkan teknologi optimisasi waktu-nyata.

11. Lacak.io (https://lacak.io/)

Lacak.io membantu perusahaan logistik untuk memantau armada mereka / lokasi pengemudi saat ini, mengukur kinerja pengiriman jika tepat waktu, tertunda, atau gagal, serta mengevaluasi perilaku mengemudi apakah itu aman atau berbahaya.

12. LogicNesia (www.logicnesia.com)

Logicnesia adalah perangkat lunak pengoptimalan distribusi untuk pabrik dan logistik untuk memaksimalkan lokasi titik penurunan kendaraan, mengurangi biaya pengiriman dan meningkatkan pemanfaatan kendaraan.

13. Piniship (http://www.piniship.com)

Piniship membantu perusahaan yang berorientasi ekspor dengan menyediakan proses ujung ke ujung yang mudah, dengan Piniship, pengguna dapat mengatur waktu keberangkatan mereka sendiri yang dijadwalkan untuk pengiriman kargo, bersama dengan harga komparatif dari masing-masing perusahaan pengiriman secara real-time. Piniship memberikan kemudahan mulai dari pemrosesan dokumen hingga transaksi pembayaran.

14. Aquifi, Inc. (www.aquifi.com)

Aquifi mengotomatiskan tugas-tugas berulang yang sensitif terhadap waktu seperti inspeksi end-of-line dan inspeksi pesanan dengan networked 3D sensors dan deep neural networks.

15. TernaKopi

Ternakopi adalah retail coffee shop kebanggaan Indonesia. Ternakopi mengambil namanya “ternak” alasanya ya karena ini kopi terenak. Resep kami dibuat dari bahan rahasia. Kekuatan kami tidak hanya pada kualitas kopinya, tetapi juga pengalaman yang dimiliki pelanggan ketika berkunjung.

16. Redkendi (https://www.redkendi.com)

Redkendi adalah tempat pasar yang ditujukan untuk membantu perusahaan katering menawarkan produk kuliner mereka kepada pelanggan. Di Redkendi, pelanggan dapat memilih produk katering yang sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka secara efisien dan efektif.

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *