Search
Kamis 13 Agustus 2020
  • :
  • :

Gojek Jadi Mitra Himbara, Mitra UMKM Dapat Akses Kredit Bunga Ringan dari DigiKu

MAJALAH ICT – Jakarta. Komitmen Gojek mendukung UMKM bangkit dan bertumbuh di tengah pandemi kembali ditunjukkan. Gojek menjadi salah satu mitra Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan pemerintah dalam program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKU) yang diluncurkan Jumat lalu.

Sejalan dengan itu, mitra merchant UMKM GoFood akan mendapatkan akses pinjaman dengan fasilitas bunga ringan dari anggota Himbara, termasuk Bank BRI.  DigiKU sendiri merupakan gerakan bersama antara Pemerintah, Himbara, dan pelaku ekosistem digital sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Shinto Nugroho – Chief Public Policy and Government Relations Gojek memaparkan Gojek sudah berkolaborasi dengan BRI salah satu bank Himbara untuk menyediakan akses fasilitas pinjaman bunga ringan kepada mitra UMKM. “Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra kami, sehingga fasilitas pinjaman bunga ringan ini akan membantu meringankan beban keuangan mereka. Khususnya bagi UMKM, fasilitas yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha sekaligus menangkap kesempatan baru. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya gotong royong Bank BRI dan Pemerintah yang telah memberikan fasilitas pinjaman khusus dirancang bagi mitra UMKM kami agar mereka bisa maju bersama ekosistem Gojek,” ungkap Shinto.

Adapun sebagai mitra dalam program DigiKu, Gojek juga akan menyediakan informasi bagi Himbara dan pemerintah untuk mendukung penyaluran kredit yang tepat bagi UMKM. Ini mengingat salah satu tantangan yang dihadapi dalam penyaluran kredit pada UMKM adalah keterbatasan data transaksional dan kesehatan usaha mereka serta aset untuk dijaminkan. Melalui skema gotong-royong yang ada dalam program DigiKU, Gojek membantu Himbara untuk dapat mengetahui mana UMKM yang tepat untuk memperoleh bantuan pembiayaan.

Upaya Gojek dalam membantu UMKM di tengah pandemi COVID-19 juga dilakukan melalui solusi komprehensif yang memanfaatkan teknologi dan non-teknologi. Solusi yang Gojek tawarkan seperti pembinaan untuk pengelolaan usaha yang efisien, pelatihan wirausaha, serta promosi yang berkelanjutan akan membantu UMKM supaya usahanya terus bergerak. Dengan perputaran usaha yang sehat, mitra UMKM semakin layak mendapatkan berbagai macam kesempatan untuk memperoleh stimulus dari Himbara dan pemerintah, termasuk DigiKU.

Sebelumnya, Gojek dan Bank BRI telah mengumumkan bahwa program pinjaman bunga ringan  memasuki masa tahap awal. Dimana pada tahap ini Bank BRI telah menawarkan fasilitas pinjaman tersebut ke sejumlah mitra GoRide dan GoCar yang berdomisili di area Jabodetabek dan telah melalui pre-screening terlebih dahulu.

Untuk mitra usaha GoFood yang memenuhi persyaratan perbankan yang ditetapkan Bank BRI, Bank akan menawarkan bantuan pinjaman sampai dengan Rp 20 juta, dengan tenor selama 24 bulan, dengan keringanan biaya pembayaran pada 3 bulan pertama. Sedangkan untuk mitra driver GoRide dan GoCar, fasilitas pinjaman yang ditawarkan adalah Rp 5 juta dengan tenor pinjaman selama 24 bulan dimana mitra driver akan mendapatkan keringanan bebas bayar selama 3 bulan pertama.

Bergabungnya Gojek dalam program DigiKU yang diluncurkan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI bersama Himbara adalah salah satu bentuk kontribusi startup anak bangsa untuk mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

“Sejak awal Mei lalu, Gojek terus berpartisipasi aktif mengkampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan berbagai Kementerian dan Instansi. Kolaborasi dengan Himbara kali ini merupakan perluasan dari komitmen kami membantu jutaan UMKM yang terdampak pandemi supaya mereka bisa bangkit, dan maju bersama Gojek menggerakkan perekonomian Indonesia,” ujar Shinto.

Guna mendukung Gerakan Nasional BBI, Gojek mengerahkan teknologi dan seluruh ekosistemnya untuk mendukung jutaan UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, agar mereka bisa bertahan, beradaptasi dan bertumbuh. Gojek meningkatkan visibilitas UMKM pada aplikasi, mendukung penjualan UMKM melalui berbagai kanal promosi termasuk media sosial, menambah pendapatan usaha kecil melalui berbagai promosi termasuk “Promosi Sambil Berbuat Baik” (PSBB) di GoFood yang mengajak masyarakat untuk mendukung UMKM kuliner favorit mereka.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *