Search
Kamis 1 Oktober 2020
  • :
  • :

Gojek Peduli Jaga Kesehatan dan Keselamatan Mitra Driver di Tengah Covid-19

MAJALAH ICT – Jakarta. Sebagai super app terbesar di Asia Tenggara, Gojek berkomitmen untuk berada di garda terdepan dalam mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) di seluruh ekosistemnya melalui berbagai langkah proaktif untuk memastikan keamanan dan kesehatan bersama.

Pandemik COVID-19 adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan menghadirkan tantangan bagi masyarakat serta mitra driver Gojek untuk tetap dapat beraktivitas normal. Di sini, para mitra driver-lah yang paling banyak berjasa karena mereka menjadi tulang punggung berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti pengantaran makanan dan obat-obatan, serta untuk bepergian yang sifatnya mendesak. Oleh karenanya, Gojek terus melakukan berbagai inisiatif untuk mengapresiasi para mitra driver, sekaligus menciptakan keamanan dan keselamatan di seluruh layanan kami.

Hans Patuwo selaku Chief Operations Officer Gojek mengatakan, “Dalam situasi seperti sekarang ini, mitra driver Gojek memegang peranan yang luar biasa penting untuk memastikan masyarakat dapat menjalani kehidupan senormal mungkin ketika mereka #dirumahaja. Dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, mitra driver Gojek menjadi garda terdepan untuk menghadirkan layanan pengiriman makanan, transportasi dan layanan lainnya bagi masyarakat Indonesia.”

Gojek melakukan berbagai macam upaya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para mitra driver di masa wabah ini agar mereka dapat tetap prima dalam menjalankan tugas kesehariannya.

Berbagai inisiatif komprehensif untuk menjaga kesehatan mitra driver

Gojek menyadari bahwa mitra driver menjadi andalan saat masyarakat di Indonesia dan di seluruh dunia dihimbau untuk tetap berada #dirumahaja untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Untuk itu kami melakukan berbagai macam upaya untuk membantu mitra driver kami tetap sehat dan prima dalam menjalankan kesehariannya.

Penyediaan Masker, Hand Sanitizer, Vitamin dan Desinfektan

Gojek telah menyediakan ribuan masker, cairan pembersih (hand sanitizer), vitamin, dan penyemprotan kendaraan dengan cairan desinfektan di berbagai kota besar di Indonesia dan akan terus dilanjutkan ke kota-kota lainnya. Gojek terus berupaya keras menyediakan berbagai keperluan tersebut agar mitra driver tetap dalam keadaan sehat dalam kesehariannya.

Penyediaan Kartu Penanda Suhu Tubuh di Merchant GoFood untuk membantu driver mengetahui suhu tubuh dari waktu ke waktu

Kartu Penanda Suhu Tubuh ini merupakan pedoman dari Gojek yang dijalankan berbagai mitra merchant GoFood untuk memastikan keamanan dan makanan yang dikirimkan. Kartu ini berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan, yaitu karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan. Dengan prosedur ini, mitra driver kami dapat mengetahui suhu tubuhnya dari waktu ke waktu tanpa harus melakukan pengecekan sendiri.

Fitur Contactless Delivery untuk Perlindungan Mitra Driver

Gojek telah mengimplementasikan sistem contactless delivery atau layanan tanpa kontak fisik langsung pada layanan GoFood dan GoSend, demi meminimalisir kontak langsung antara mitra driver dan pelanggan, dengan menyediakan opsi teks pesan cepat pada fitur Chat. Hal ini kami lakukan agar semua pihak, termasuk mitra driver kami, dapat terminimalisir dari kemungkinan penularan.

Sosialisasi materi edukasi pedoman kesehatan secara intensif kepada mitra driver untuk melindungi resiko penularan virus

Edukasi Pedoman Menjaga Kesehatan bagi mitra driver

Gojek mensosialisasikan materi edukasi secara berkala terkait pencegahan COVID-19 yang mengikuti panduan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara berkala melalui kanal komunikasi mitra driver, termasuk fitur notifikasi di aplikasi (in-app notification). SOP (Standard Operating Procedure) untuk Kesehatan Driver dan Konsumen. Gojek memberlakukan beberapa prosedur baru bagi konsumen selama mereka bepergian dengan GoRide dan GoCar untuk melindungi mitra driver. Ini termasuk:

Himbauan untuk konsumen membawa helm sendiri jika memungkinkan, jika tidak bisa, konsumen menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh helm dari mitra driver. Konsumen menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh pintu mobil. Konsumen wajib menggunakan masker jika konsumen sedang tidak enak badan. Konsumen dilarang membuang tisu atau masker di dalam mobil GoCar. Konsumen dihimbau membayar secara non-tunai untuk mengurangi kontak fisik. Langkah Gojek untuk mendukung stabilitas finansial mitra dalam melewati masa pandemik ini

“Kami memahami bahwa wabah COVID-19 ini menuntut masyarakat untuk membatasi ruang gerak guna memutus mata rantai penularan. Hal ini pastinya berpotensi berdampak pada pendapatan mitra driver kami. Untuk itu, dalam satu minggu terakhir atau setelah pemerintah mengumumkan COVID-19 sebagai Bencana Nasional Non-Alam di 14 Maret lalu, kami melakukan berbagai upaya untuk memberikan dukungan kepada mitra driver kami untuk menjaga stabilitas finansial mereka di masa sulit ini.”

Bantuan Pendapatan untuk Driver

Gojek meluncurkan skema Program Bantuan Pendapatan kepada mitra driver roda dua dan roda empat yang tidak dapat bekerja karena harus mendapatkan perawatan akibat positif terpapar COVID-19. Gojek juga akan menghentikan sementara cicilan yang berjalan misalnya premi asuransi, cicilan kendaraan dan lain sebagainya, pada bulan berjalan mitra driver mengalami perawatan. Gojek merupakan perusahaan on-demand pertama di Indonesia yang memberlakukan skema bantuan pendapatan bagi mitra driver.

Ajakan Konsumen untuk Berikan Tip Lebih untuk Mitra Driver

Menyadari mitra driver kami semakin menjadi andalan masyarakat di masa yang mengharuskan keterbatasan ruang gerak ini, Gojek melalui kampanye #KasihLebihan, memberikan keleluasaan lebih kepada pengguna layanan kami untuk memberikan tip kepada para mitra driver. Hal ini kami lakukan dengan memberikan pilihan tambahan tip hingga nominal Rp 100.000 di aplikasi Gojek.

Berbagai inisiatif lain akan diluncurkan dalam waktu dekat

Beberapa hal diatas hanya sebagian kecil dari apa yang kami lakukan dalam beberapa hari terakhir untuk mitra kami. Saat ini kami sedang bekerja keras merancang beberapa inisiatif lainnya untuk dapat terus membantu mitra driver menjaga stabilitas finansial mereka. Kami akan informasikan langkah dan inisiatif ini segera dalam waktu dekat.

Tantangan yang disebabkan oleh Virus Corona (COVID-19) membutuhkan peran aktif seluruh pihak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan. Gojek akan terus melakukan berbagai terobosan untuk dapat menjadi salah satu solusi dari situasi ini yang sama kami harap dapat memberikan rasa aman dan ketenangan bagi masyarakat khususnya pelanggan dan mitra kami. “Lewat dukungan berbagai pihak, kami percaya #PastiAdaJalan untuk kita melewati masa penuh tantangan ini dengan baik,” tutup Hans.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *