Search
Kamis 20 Juni 2019
  • :
  • :

Google Rayakan 75 Tahun Kelahiran Legenda Bulutangkis Putri Indonesia Minarni

MAJALAH ICT – Jakarta. Doodle hari ini memberi penghormatan kepada juara bulutangkis internasional Minarni Soedarjanto, yang dipuji di tanah airnya di Indonesia sebagai “Ratu semua ratu bulutangkis.”

Lahir di Pasuruan, Jawa Timur, pada hari ini pada tahun 1944, Soedarjanto mulai bersaing pada usia 13 dan memenangkan gelar pertamanya di Kejuaraan Nasional 1959 di Malang pada usia 15 tahun. Pada tahun yang sama, ia dipilih untuk tim nasional Indonesia, bersaing di turnamen bulu tangkis top dunia untuk wanita, Piala Uber.

Meskipun Indonesia dikalahkan pada tahun 1960, Soedarjanto memenangkan gelar tunggal dan ganda selama bertahun-tahun, termasuk kemenangan bersejarah dalam turnamen tertua olahraga, All-England. Bekerja sama dengan Retno Koestijah, Soedarjanto memenangkan gelar All England pertama di Indonesia pada tahun 1968. Ia juga meraih kemenangan di AS Terbuka 1969 dan Kanada Terbuka pada tahun yang sama.

Soedarjanto adalah bagian dari tim Indonesia yang bersaing untuk memperebutkan trofi Piala Uber pada tahun 1963, 1966, dan 1969 — tetapi sayangnya muncul pendek setiap saat. “Sulit untuk pergi begitu saja, mengingat sudah 23 tahun bermain bulu tangkis,” katanya dalam wawancara tahun 1972. Pada tahun 1975 ia adalah seorang pemain-pelatih dan ibu dari tiga anak, tetapi menolak untuk pensiun tanpa memenuhi tujuannya. Akhirnya, ia mengalahkan pembangkit tenaga listrik abadi Jepang, memenangkan piala Uber pertama di Indonesia yang merupakan gelar terakhir dalam karirnya yang termasyhur.

Terima kasih telah membuka jalan, dan selamat ulang tahun ke-75, Minarni Soedarjanto!

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *