Search
Kamis 18 Agustus 2022
  • :
  • :

Hadirkan Akses Air Bersih, ALAMI dan Dompet Dhuafa Bangun Sumur Wakaf untuk Masyarakat Bantuas

MAJALAH ICT – Jakarta. ALAMI, sebuah perusahaan fintech bertempat di Jakarta, kembali menggandeng Dompet Dhuafa dalam melakukan kegiatan sosial. Kali ini, bertepatan dengan peringatan 1 Muharram 1444 Hijriah, ALAMI dan Dompet Dhuafa meresmikan sumur wakaf yang telah usai dibangun di Pondok Pesantren Al-Mujahidah NW, di Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur.

Sumur wakaf di Pondok Pesantren Al-Mujahidah tersebut adalah salah satu bagian dari program Wakaf Sumur Air Untuk Kehidupan yang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa sebagai upaya mendukung salah satu Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yaitu Menjamin Ketersediaan serta Pengelolaan Air Bersih dan Sanitasi yang Berkelanjutan untuk Semua.

Sejumlah perusahaan dengan berbagai latar belakang menyambut antusias program tersebut. Salah satunya adalah ALAMI, yang juga memiliki visi untuk membangun kehidupan masyarakat yang berkelanjutan dan terus berkomitmen mengkonsentrasikan bisnis serta aktif melakukan berbagai kegiatan sosial yang bertujuan memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Setelah melewati beberapa tahapan assessment, Pondok Pesantren Al-Mujahidah di Bantuas, Samarinda menjadi titik pembangunan Wakaf Sumur Air Untuk Kehidupan hasil kolaborasi ALAMI dan Dompet Dhuafa. Selain sumur air bersih, tempat wudhu dan MCK juga turut melengkapi untuk memenuhi kebutuhan sanitasi dan kebiasaan hidup bersih.

Sejak berdiri 8 tahun silam, Pondok Pesantren Al-Mujahidah belum terjangkau oleh akses air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, para santri terpaksa mengkonsumsi air hujan atau membeli air bersih dari luar. Santri juga memanfaatkan air di kolam bekas galian atau sungai yang aliran airnya sudah terkontaminasi dengan air bekas galian tambang batu bara untuk keperluan mandi.

Di sela peresmian sumur wakaf di Pondok Pesantren Al-Mujahidah pada Jumat (29/7/2022) pagi, Sulistiqomah, selaku Manager Partnership Wakaf Dompet Dhuafa, menyampaikan bahwa selain dapat dinikmati oleh penghuni ponpes, masyarakat di sekitar pondok yang juga masuk dalam kategori mustahik dapat turut memanfaatkan akses air bersih yang dialirkan dari sumur wakaf tersebut. Sehingga mereka tidak lagi perlu untuk mengkonsumsi air yang kurang layak atau merogoh anggaran lebih untuk mendapatkan air bersih.

Sulis kembali menambahkan, “Dompet Dhuafa menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan dan sambutan baik dari ALAMI dalam kolaborasi ini. Semoga air bersih yang terus melimpah akan mengalir dan membawa keberkahan untuk masyarakat di sini.”

Chief Culture Officer ALAMI, Amrullah Tahad menyambut baik kolaborasi Dompet Dhuafa dalam menghadirkan Wakaf Sumur Air Untuk Kehidupan. “Hal ini sebagai wujud misi perusahaan kami dalam memberikan dampak positif yang seluas-luasnya kepada masyarakat dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Alhamdulillah sumur ini dapat diresmikan bertepatan dengan 1 Muharram 1444 H, awal yang baik untuk memulai tahun yang InsyaaAllah akan dipenuhi kebaikan. Semoga kami dapat terus istiqomah untuk menebarkan kebaikan yang lebih banyak lagi kedepannya,” tutur Amrullah.
Amrullah berharap, sumur wakaf ini dapat menjadi solusi atas permasalahan krisis air bersih di$$ Bantuas, dan manfaatnya terus mengalir sepanjang waktu sehingga kualitas kesehatan masyarakat sekitar juga terjaga dengan baik. “Terima kasih untuk ALAMI Squad yang juga telah berpartisipasi dalam donasi program ini,” tutup Amrullah.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *