Search
Kamis 16 Agustus 2018
  • :
  • :
merah-putih-2

Hanya Butuh 32 Menit, SpaceX Falcon 9 Lepaskan Satelit Merah Putih ke Orbit 108 BT

MAJALAH ICT – Jakarta. Tepat Pkul 12:18 WIB atau 1:18 waktu setempat, Roket SpaceX’s Falcon 9 lepas landas dari Cape Canaveral menuju ke timur di atas Samudra Atlantik untuk mengirim satelit komunikasi Merah Putih ke orbit. Dibutuhkan waktu 32 menit saja untuk SpaceX Falcon 9 bekerja untuk melepaskan Satelit Merah Putih menuju orbit 108 Bujur Timur.

Peluncuran roket setinggi 229 kaki (70 meter) dari pad 40 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida diiringi tepuk tangan bergemuruh. Tepuk tangan terus bergema saat roket memasuki fase-fase penting, termasuk kembalinya roket ke Samudera atlantik yang ditangka drone “Of Course I Still Love You”. Tepuk tangan memuncak saat SpaceX berhasil melepaskan Satelit Merah Putih dari dalam wahan ke luar angkasa menuju orbit.

merah-putih-1

Roket Falcon 9 yang akan diluncurkan ini adalah yang pertama untuk menerbangkan kembali konfigurasi Blok 5 tahap pertama yang ditingkatkan. Booster yang sama pertama terbang di misi Falcon 9 Block 5 perdana pada bulan Mei.

Bertengger di atas roket adalah satelit komunikasi Merah Putih, pesawat ruang angkasa yang diproduksi oleh SSL – sebelumnya dikenal sebagai Sistem Angkasa / Loral – dan dimiliki oleh Telkom Indonesia.

Satelit milik Indonesia yang dibangun di AS akan menyediakan layanan telekomunikasi C-band di atas Indonesia dan India, bersama dengan bagian lain dari Asia Selatan dan Tenggara.

SSL menyelesaikan pembangunan satelit Merah Putih lebih cepat dari jadwal, menurut Telkom Indonesia. Satelit baru akan menggantikan Telkom 1, yang gagal dalam peristiwa penumpahan puing misterius di orbit geostasioner tahun lalu.

Pejabat dari Telkom Indonesia mengharapkan satelit Telkom 1, yang diluncurkan pada tahun 1999, akan tetap beroperasi sampai peluncuran Merah Putih. Tetapi kegagalan Telkom 1 tahun lalu memaksa operator untuk merutekan ulang lalu lintas komunikasi melalui satelit lain.

S
atelit Merah Putih dirancang untuk kehidupan 16 tahun, kata pemiliknya dalam sebuah pernyataan. Pesawat ruang angkasa akan diposisikan di orbit geostasioner lebih dari 22.000 mil (hampir 36.000 kilometer) di atas khatulistiwa di 108 derajat bujur timur.

Berdasarkan platform satelit seri 1300 SSL, Merah Putih membawa 60 transponder C-band dengan cakupan di seluruh kepulauan Indonesia, dan bagian lain dari Asia Selatan dan Tenggara. Satelit akan menyediakan layanan backhaul Internet, telepon dan seluler, menurut SSL.

Garis waktu di bawah ini menguraikan urutan peluncuran untuk penerbasatelit-lepasngan Falcon 9 dengan Merah Putih, termasuk turunnya tahap pertama kembali ke pesawat drone SpaceX “Of Course I Still Love You” di Samudra Atlantik di sebelah timur Cape Canaveral.

Sumber data: SpaceX

T-0: 00: 00: Pengangkatan

Setelah sembilan mesin Merlin roket lulus pemeriksaan kesehatan otomatis, klem hold-down akan melepaskan pemicu Falcon 9 untuk lepas landas dari Kompleks 40.


T + 0: 01: 09: Mach 1

Roket Falcon 9 mencapai Mach 1, kecepatan suara, karena sembilan mesin Merlin 1D menyediakan lebih dari 1,7 juta pon daya dorong.

T + 0: 01: 19: Max Q

Roket Falcon 9 mencapai Max Q, titik tekanan aerodinamis maksimum.

T + 0: 02: 30: MECO

Sembilan mesin Merlin 1D milik Falcon 9 ditutup.

T + 0: 02: 34: Tahap 1 Pemisahan

Tahap pertama Falcon 9 terpisah dari momen tahap kedua setelah MECO.

T + 0: 02: 36: Pengapian Pertama Tahap Kedua

Tahap kedua mesin vakum Merlin 1D menyala selama kira-kira 6 menit bakar untuk memasang roket dan SES 9 ke orbit parkir pendahuluan.merah-putih-3

T + 0: 03: 28: Fairing Jettison

Pada 5,2 meter (17,1-kaki) payload diameter fairing jettisons setelah roket Falcon 9 naik melalui atmosfer yang lebih rendah padat. The fairing 43-kaki-tinggi terbuat dari dua bagian seperti clamshell terdiri dari serat karbon dengan inti sarang lebah aluminium.

T + 0: 06: 13: Pembakaran Masuk Tahap 1

Bagian dari mesin Merlin 1D tahap pertama menyala untuk entri yang masuk untuk memperlambat pendaratan. Pendaratan arahan akhir akan terjadi sesaat sebelum mendarat.

T + 0: 08: 06: SECO 1

Tahap kedua roket Falcon 9 akan mati setelah mencapai orbit awal ketinggian rendah. Tahap atas dan SES 9 memulai fase pantai yang dijadwalkan berlangsung lebih dari 18 menit sebelum tahap kedua mesin merlin vakum menyalakan kembali.

T + 0: 08: 08: Tahap 1 Mendarat

Booster tahap pertama dari Falcon 9 roket mendarat di kapal drone SpaceX di Samudera Atlantik.

T + 0: 26: 15: Pengapian Kedua Tahap Kedua

Mesin Merlin tahap kedua Falcon 9 memulai kembali untuk menggerakkan satelit komunikasi Merah Putih menjadi orbit transfer geostasioner.

T + 0: 27: 13: SECO 2

Mesin Merlin mati setelah pembakaran singkat untuk menempatkan satelit SES 10 di orbit yang tepat untuk penyebaran.

T + 0: 32: 40: Pemisahan Merah Putih

Satelit SES 9 terpisah dari roket Falcon 9 di orbit dengan titik tinggi yang diperkirakan sekitar 39.300 kilometer (24.400 mil), titik terendah 290 kilometer (180 mil) dan kemiringan 28 derajat. Karena keputusan untuk membakar tahap kedua hampir habis, ada sedikit ketidakpastian pada parameter orbital berdasarkan pada kinerja peluncur yang tepat. Satelit Merah Putih memisahkan dari roket Falcon 9 dalam orbit transfer geostasioner.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *