Search
Kamis 27 Februari 2020
  • :
  • :

Hemat Biaya Operasional dengan Solusi Pengadaan Pintar Berbasis Online

MAJALAH ICT – Jakarta. Memulai bisnis milik sendiri mungkin terdengar menarik bagi banyak orang namun pada kenyataannya, menjalankan bisnis yang menguntungkan tidak semudah yang diharapkan. Salah satu hambatan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis dalam proses pengadaan adalah melakukannya secara efisien, di antaranya waktu tempuh menuju area pasar ditambah kemacetan di jalan dan stok barang yang tidak bisa dipastikan menjadi hambatan utama yang mempengaruhi kinerja bisnis mereka. Tidak hanya itu, harga barang yang dapat berubah sewaktu-waktu juga dapat mempengaruhi performa arus keuangan pada bulan tersebut, khususnya bagi mereka yang memiliki usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Namun, berkat kemajuan teknologi, semakin banyak solusi bisnis hadir untuk membantu para pelaku bisnis menyelesaikan tantangan yang ada, termasuk melakukan proses pengadaan yang hemat, transparan, dan efisien. Salah satu cara untuk menanggulangi tantangan tersebut adalah dengan memanfaatkan layanan pengadaan yang tersedia secara online. Layanan pengadaan online ini tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, tapi juga dapat menekan biaya transportasi, pengiriman, dan biaya tidak terlihat lainnya.

Bekerja sama dengan lebih dari 1.500 pedagang dalam platform B2B-nya, platform solusi bisnis satu atap, Zilingo menyadari tantangan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis, khususnya dalam melakukan proses pengadaan. “Sejalan dengan misi kami untuk menyamaratakan kesempatan bersaing bagi semua bisnis dari segala ukuran dengan bantuan teknologi, Zilingo menyediakan berbagai solusi bisnis terintegrasi untuk mendukung pengembangan bisnis. Salah satunya dengan menyediakan layanan pengadaan berbasis online untuk mengatasi tantangan para pelaku bisnis serta membantu mereka untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis mereka,” ujar Ade Yuanda Saragih, VP and Country Head, Zilingo

Sebagai salah satu penyedia solusi bisnis satu atap berbasis teknologi, termasuk pengadaan bahan baku, Zilingo memberikan beberapa tips yang dapat diikuti oleh para pelaku bisnis di bidang busana dan gaya hidup untuk memastikan proses pengadaan pertama Anda dapat berjalan dengan efektif dan efisien, antara lain:

“Pastikan Anda tahu jenis kain yang ingin dibeli. Lebih baik lagi jika sudah memiliki pengetahuan akan tren dan jenis-jenis kain”
Kebanyakan dari pelaku bisnis busana dan gaya hidup dapat dipastikan memiliki wawasan cukup baik tentang jenis kain yang tersedia di pasaran. Informasi dan deskripsi bahan kain pun tersedia dan mudah diakses secara online. Hal ini penting untuk Anda ketahui sebelum melakukan

pembelanjaan bahan baku secara online untuk dapat meminimalisasi kemungkinan salah pesan dan menerima produk yang tidak sesuai dengan deskripsi dari penjual. Berusaha up-to-date akan tren fesyen terkini yang digemari oleh konsumen juga dapat membantu Anda menentukan jenis kain yang dibutuhkan untuk produk Anda.

“Jangan mudah tergiur harga murah! Pelajari dengan baik deskripsi yang disediakan oleh penjual”
Sebelum melakukan pembelian, baca secara seksama deskripsi yang disediakan oleh penjual mulai dari label atau merek, bahan, dimensi, satuan unit, ketersediaan stok serta kualitas kain melalui gambar pendukung yang ada. Hubungi nomor penjual atau gunakan layanan konsumen yang tersedia di platform apabila Anda memiliki pertanyaan lainnya yang belum terjawab di kolom deskripsi produk.

“Pastikan platform bisa menyediakan sampel bahan sebelum menyepakati transaksi”

Sebelum melakukan transaksi, cari tahu apabila platform maupun penjual pilihan Anda dapat menyediakan sampel produk yang dapat dikirimkan untuk Anda telah lebih lanjut. Hanya sedikit dari platform pengadaan yang memiliki fitur ini jadi pastikan platform pilihan Anda juga mengusung fitur permintaan sampel bahan. Periksa juga durasi kirim sampel supaya tidak menghambat proses produksi Anda.

“Pilih platform pengadaan yang memiliki reputasi, jumlah transaksi dan basis pengguna yang baik”
Sebelum menentukan pilihan dan menekan tombol ‘Bayar’, cari tahu apabila platform pengadaan pilihan Anda merupakan perusahaan yang terpercaya. Periksa konten situs, foto produk, testimoni pelanggan, serta bukti transaksi. Pelajari juga apabila platform pengadaan pilihan Anda juga terhubung secara langsung dengan manufaktur sehingga bisa mendapatkan harga tangan pertama (dari manufaktur langsung) – bukan harga agen. Pelajari juga apabila platform menyediakan layanan negosiasi harga serta bantuan lain seperti pengecekan stok dan konsultasi, serta memiliki fitur “Buy Now Pay Later” (Beli Sekarang, Bayar Nanti).

Memilih platform yang tepat memungkinkan Anda melakukan pengadaan dalam jangka panjang dengan lebih nyaman. Melalui layanan pengadaannya, Zilingo tidak hanya menawarkan fasilitas “Beli Sekarang, Bayar Nanti” namun juga fitur lainnya seperti invoicing. Artinya, bisa melakukan pengadaan bahan baku melalui pemasok (supplier) pilihan, pembayaran juga bisa ditanggung terlebih dahulu oleh Zilingo.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *