Search
Rabu 28 September 2022
  • :
  • :

Huawei Kirim Talenta Digital Terbaik ke Gelaran Seeds for the Future 2022 untuk Kawasan Asia Pasifik

MAJALAH ICT – Jakarta. Sebanyak 10 mahasiswa terbaik dipilih Huawei untuk mewakili Indonesia di salah satu program pengembangan talenta digital prestisius Seeds for the Future 2022 yang akan berlangsung selama 10 hari di Thailand. Pada program Seeds for the Future tahun ini, mereka akan bergabung dengan mahasiswa-mahasiswa terpilih lainnya dari 12 negara di Asia Pasifik.

Dalam sambutan penuh ungkapan kebanggaan atas potensi dan kompetensi para mahasiswa yang terpilih mengikuti program Seeds for the Future ini, Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia mengatakan bahwa sebagai penyedia solusi TIK, serta perusahaan yang sangat mementingkan riset, Huawei memiliki kepedulian tinggi terhadap beragam insiasi pendidikan teknologi bagi seluruh talenta sejak usia dini. Huawei sangat memahami pentingnya kompetensi talenta digital yang mumpuni baik bagi kemajuan bisnis maupun kemajuan bangsa.

“Untuk itulah kami terus menggelar program-program berkelanjutan seperti program Seeds for the Future yang merupakan salah satu program unggulan Huawei sejak 2008. Sepuluh mahasiswa Indonesia yang terpilih untuk mengikuti Seeds for the Future 2022 yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, adalah talenta-talenta digital berkompetensi yang kami percayai memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin teknologi di masa depan. Untuk makin menyiapkan mereka sebagai aset bangsa, kami menyediakan beragam kesempatan bagi mereka untuk belajar secara komprehensif, dari teknologi terkini dan masa depan, hingga pengetahuan tentang pentingnya memahami budaya antarbangsa serta jejaring internasional,” ungkap Jacky.

Sementara itu, Jeffrey Wang, VP Management Transformation, Huawei Indonesia, pada kesempatan yang sama menegaskan,”Selain menjadi bagian dari komitmen global, Seeds for the Future adalah bagian dari komitmen Huawei yang berkelanjutan untuk Indonesia yang bertajuk Huawei I DO. Dilandasi oleh komitmen tersebut, kami telah bertekad untuk mempersiapkan setidaknya 100 ribu talenta digital hingga tahun 2025. Hingga saat ini, kami telah menyiapkan 64 ribu talenta, atau lebih dari setengah target kami.”

Dukungan Positif Ekosistem Indonesia untuk Kontribusi Huawei

Abetnego Tarigan, Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden menaruh harapannya kepada kesepuluh partisipan Seeds for the Future 2022 agar dapat menginspirasi generasi muda untuk mendorong terwujudnya perekonomian digital yang inklusif.

“Koperasi dan UMKM membutuhkan dukungan dan solusi-solusi dari para talenta digital agar menjadi bagian dari ekosistem digital dan memainkan peran penting dalam menumbuhkan perekonomian digital di Indonesia. Kantor Staf Presiden sangat berharap program-program yang dikembangkan Huawei dapat membuka kesempatan kepada generasi berikutnya untuk menjadi talenta-talenta digital yang handal dan mampu menjawab kebutuhan serta tantangan zaman,” tuturnya.

Di hadapan partisipan Seeds for the Future 2022, Ir. Suharti, MA, Ph.D., Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atas nama lembaga menyampaikan terimakasih atas kontribusi Huawei dalam pengembangan SDM Digital di Indonesia, semua dukungan yang telah dipersembahkan oleh Huawei melalui riset teknologinya, serta dalam memastikan hadirnya layanan digital yang makin baik bagi semua kalangan, baik itu untuk personal, rumahan, hingga organisasi.

“Saya menyampaikan apresiasi atas dukungan Huawei yang diwujudkan ke dalam empat pilar komitmen Huawei, yakni ‘Huawei I Do’ dalam terwujudnya inklusivitas dan penguatan digital di Indonesia dan perhatian Huawei dalam memegang prinsip kesetaraan gender di bidang teknologi digital maupun dalam menggelar program-programnya mencetak talenta-talenta digital baru yang unggul di Indonesia,” ujarnya.

Sambutan positif juga disampaikan oleh Mira Tayyiba, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. “Pertama-tama saya ingin menyampaikan apresiasi kepada Huawei Indonesia atas kontribusinya mendukung upaya kita bersama dalam mengembangkan kompetensi SDM digital Indonesia, melalui program beasiswa kompetisi teknologi dan pelatihan keterampilan digital. Indonesia diharapkan tumbuh menjadi bangsa yang memiliki kecakapan dan literasi digital yang memadahi, menjadi generasi inisiator, inventor, dan inovator yang dapat memanfaatkan teknologi digital untuk kebaikan bersama, serta mampu menghadirkan nilai tambah terhadap teknologi digital tersebut.”

Ia menambahkan, di era yang serba digital ini, pengembangan literasi dan kecakapan digital memiliki urgensi yang sama pentingnya dengan pembangunan infrastruktur digital, maupun penguatan pemerintahan dan perekonomian digital. Mira lantas menyadur penuturan Ren Zhengfei, Huawei founder and CEO, ‘we are migrating from physical world to digital, and digital assets know no boundaries.’

“Sekali lagi, selamat kepada sepuluh mahasiswa terbaik yang terpilih mewakili Indonesia di berbagai program pengembangan talenta digital melalui Huawei Seeds for the Future 2022. Saya berharap melalui program ini bersama-sama kita tidak hanya memahami bagaimana inovasi teknologi terbaru, namun juga mengembangkannya sesuai kebutuhan masyarakat serta memaknainya sebagai peluang untuk mengakselerasi transformasi digital di Indonesia, guna pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” pungkasnya.

” src=”cid:image003.jpg@01D8B2E2.E4193580″ alt=”image003.jpg” class=”Apple-web-attachment Apple-edge-to-edge-visual-media Singleton” style=”width: 6.2638in; height: 4.7013in; opacity: 1;”>

Peserta Seeds for the Future 2022 akan mendapatkan kesempatan untuk mendalami budaya negara-negara lain, melihat sekilas kecanggihan TIK mutakhir, dan berkesempatan untuk belajar ilmu langsung dari para pakarnya melaui praktik-praktik secara langsung. Mereka akan mendapatkan kesempatan untuk mengimplementasikan pengetahuannya dalam kompetisi dengan peserta dari negara-negara lain.

Program ini juga memberi kesempatan kepada para talenta muda penuh potensi dari Indonesia untuk membangun jejaring dengan talenta-talenta digital potensial dari negara lain yang pastinya memiliki budaya dan latar belakang yang berbeda. Talenta digital masa depan juga bisa mengeksplorasi perkembangan teknologi terkini, meningkatkan prospek karir, dan mendapatkan sertifikasi dari perusahaan Global Fortune.

Kesepuluh mahasiswa tersebut dipilih untuk bergabung di program Seeds for the Future 2022 setelah melewati proses seleksi yang dilakukan oleh Huawei Indonesia. Terdapat beberapa program yang menjadi landasan bagi Huawei untuk melakukan penyeleksian, yaitu seperti mahasiswa pemenang Huawei ICT Competition, mahasiswa terbaik dari program Huawei Digital Talent Scholarship bersama Kominfo, mahasiswa terbaik dari program Magang Studi Huawei (Magang Studi Independep Bersertifikat, MSIB) dan juga mahasiswa terbaik dari Huawei AI Digital Intelligence bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Para mahasiswa Indonesia peserta Seeds for the Future 2022 adalah Sigit Bayu Cahyanto, mahasiswa Teknologi Rekayasa Internet Universitas Gadjah Mada; Zulfan Jauhar Maknuny, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Padjadjaran Bandung; Faishal Zharfan, mahasiswa Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung; Zahra Salsabila Hernanda, mahasiswi Teknik Elektronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya; Jesika Laprina Manurung, mahasiswi Teknologi Komputer Institut Teknologi Del Sumatera Utara; Anak Agung Krisna Ananda Kusuma, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Indonesia; Joseph Kristiano, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Surabaya; Fauzi Frahma Taliningsih, mahasiswi Teknik Telekomunikasi Telkom University Bandung; Talcha Krusbeek Orrilia Audre Agatha Putri Setyabudi, mahasiswi Teknik Elektro Universitas Brawijaya Malang; dan Aisha Salsabilla, mahasiswi Elektronika dan Instrumentasi Universitas Gadjah Mada.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *