Search
Jumat 14 Agustus 2020
  • :
  • :

Indonesia Galang ASEAN Kerja Sama Hasilkan Konten

MAJALAH ICT – Bandung. Indonesia menggalang negara-negara ASEAN dalam proses kreasi, distribusi dan konsumsi konten. Galangan itu tercermin dari acara workshop "ASEAN Workshop on Local Content Development" yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama ASEAN di Bandung, 30-31 Oktober lalu. Worskhop ini dihadiri 7 negara ASEAN dimana Brunei Darussalam, Filipina dan Kamboja absen.

Dalam sambutannya Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar, yang diwakili Deputy Director Kerja Sama Internasional Sofi Soeriatmaja menekankan bahwa penciptaan dan pemanfaatan konten se ASEAN merupakan bagian dari pencapaian ASEAN ICT Masterplan 2015. Sehingga, katanya, perlu kerja sama di tingkat ASEAN, agar kontektivitas yang terbangun juga diimbangi dengan penyediaan dan pemanfaatan konten.

Dalam workshop ini, beberapa negara saling bertukar informasi, pengalaman dan perkembangan di negaranya masing-masing. Selain itu, Telkom dan Indosat juga hadir dan berbagi atas apa yang telah dilakukannya, seperti PT Telkom dengan membangun Bandung Digitla Valley, Jogja Digital Valley dna sebagainya. Sementara Indosat berbagai tentang inkubasi konten melalui IdeaBox.

Pembicara tamu dalam kesempatan ini adalah Colin Mlies dari MEF Asia. Colin dalam paparannya menegaskan perlunya kolaborasi di negara ASEAN dalam penciptaan, distribusi dan pemanfaatan konten ASEAN. Namun dakuinya, jalan menuju ke sana tantangannya juga tidak mudah.

Worskhop diakhiri dengan diskusi bagaimana strategi pengembangan konten ASEAN ke depan. Di antara rekomendasi yang dihasilkan adalah pelrunya kerja sama dan komitmen pemerintah untuk dapat menghadilkan konten, seperti pembangunan SDM, bantuan finansial, serta regulasi yang mendukungnya.

""

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *