Search
Jumat 24 November 2017
  • :
  • :
young-ict

Indonesia Masih Butuh 56 Persen Talenta Muda Dukung Kekuatan Ekonomi Digital

MAJALAH ICT – Jakarta. Teknologi digital telah menyentuh hampir semua aspek kehidupan, dari sosial, finansial, ekonomi dan bisnis. Hasil riset Boston Consulting Group bahwa Indonesia akan masuk dalam 15 negara yang akan menjadi kekuatan ekonomi digital pada tahun 2025. Tantangan terbesar yang akan dihadapi Indonesia adalah kekurangan 56% talenta muda untuk mendukung perkembangan tersebut. Oleh karena itu, pengembangan talenta muda Indonesia merupakan suatu keharusan.

IdTalent Career Expo merupakan wadah pengembangan talenta kaum muda yang dikembangkan Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta. Gelaran IdTalent Career Expo tahun 2017 ini mengambil tema “Unleash The Potential and Creativity in Digital Era”. Acara yang berlangsung dari tanggal 9 s.d. 10 September 2017 itu berlangsung di MMTC Yogyakarta. Kegiatan itu digagas sebagai Rangkaian Dies Natalis ke-32 MMTC Yogyakarta dengan tujuan membangun wawasan dan kompetensi calon profesional muda agar dapat berkontribusi nyata untuk industri kreatif dan digital di Indonesia.

Plt Kepala Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta Gati Gayatri menyampaikan pertumbuhan industri bidang telekomunikasi dan informatika bersama bidang transportasi dalam lingkup nasional telah membantu menyerap tenaga kerja sebanyak 9,78% atau sekitar 500ribu orang. “Di tingkat global pertumbuhan industri konten mengalami peningkatan permintaan tenaga kerja yang besar yaitu sekitar 63% dibanding tahun sebelumnya. Potensi sangat besar dimiliki oleh industri bidang komunikasi dan informatika memberikan kontribusi kepada pembangunan nasional harus kita kelola sebaik-baiknya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Menteri Kominfo Rudiantara menyampaikan tujuan dari perkembangan industri telekomunikasi dan informatika, yaitu sebagai enabler pertumbuhan ekonomi dan menstrukturkan tatanan masyarakat menjadi lebih baik, bukan mendegradasi tatanan masyarakat. Hal itu, bisa dilihat dari media sosial banyak tersebar fake news, berita bohong, dan fitnah, ini merupakan contoh degradasi tatanan masyarakat.

“Tantangan lain yaitu Indonesia merupakan negara kepulauan, pemerintah menargetkan seluruh kabupaten dan kota akan terhubung broadband pada tahun 2019. Nantinya siswa siswi di Indonesia bagian timur tidak perlu ke pusat untuk mendapatkan pendidikan, cukup dengan menggunakan teknologi yang ada. Pada tahun 2030 ekonomi Indonesia akan menjadi 2,5 kali lipat dari posisi sekarang, pada tahun tersebut Indonesia berada di puncak demografi,” katanya.

Menteri Kominfo mengharapkan lulusan MMTC bukan hanya menjadi pencari kerja, tetapi mereka juga menciptakan lapangan kerja. Dalam IdTalent Career Expo 2017 itu terdapat tiga kegiatan utama yaitu bursa karir, seminar dan coaching class yang dihadiri calon profesional muda dan pelaku start-up dan inkubasi bisnis baik dari Yogyakarta maupun kota lain.




Tinggalkan Balasan