Search
Rabu 27 Januari 2021
  • :
  • :

Indosat dan Bloomberg Kerja Sama Luncurkan Mobile TV Interaktif

MAJALAH ICT – Jakarta. Indosat dan Bloomberg TV Indonesia bekerja sama guna meluncurkan layanan Mobile TV interaktif yang pertama di dunia. Hal itu setelah keduanya menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Didukung dengan jaringan UMTS 900MHz yang baru saja diluncurkan di Bali, aplikasi yang menggunakan teknologi ‘iBOLZ’ ini akan memungkinkan pelanggan Indosat menikmati tayangan Bloomberg TV Indonesia dengan cara yang unik dan interaktif di handset/smartphone mereka.

Menurut CEO Bloomberg TV Indonesia, Aditya Chandra Wardhana, penandatangan MoU yang bersejarah ini sangat mendebarkan. "Karena biasanya platform teknologi dan inovasi seperti ini muncul dulu pertama di dunia, baru diadopsi di Indonesia. Sekarang yang terjadi kebalikannya dan Bloomberg TV Indonesia bangga menjadi TV pertama di dunia yang meluncurkan Mobile TV interaktif," ungkap Aditya.

Dijelaskan Aditya, pengalaman menonton TV melalui smartphone dengan pengalaman dinamis dan interaktif ini diharapkan menjadi standar baru untuk menonton TV melalui perangkat handset/smartphone. "Kami percaya nantinya pelanggan Indosat akan sangat menikmati aplikasi Mobile TV Interaktif Bloomberg TV Indonesia karena orang akan melihat bahwa memang harusnya menonton TV di handset itu ya harus seperti di rumah," harap Aditya.

Yang menarik juga, lanjut Aditya, pengembang aplikasi Mobile TV Interaktif ini adalah putra Indonesia, Igg Adiwijaya, atau yang akrab dipanggil Gusti. Gusti memiliki 20 tahun pengalaman di bidang Penelitian dan Pengembangan (R&D) Tehnik Informasi (TI) di berbagai lembaga internasional di luar negeri, terutama di Amerika Serikat (AS). Gusti pernah bekerja di NASA dan memiliki sertifikasi teknis dan finansial dari beberapa perusahaan ternama di AS seperti IBM, EMC, VMWare, dan Universitas New York dalam bidang database, storage, virtualisasi, serta manajemen cloud dan resiko finansial. 

"Kami juga ingin menunjukkan bahwa banyak sekali ilmuwan dan talent ICT Indonesia yang berkelas dunia seperti Adiwijaya, atau Gusti, yang telah membantu kami selama ini,” lanjut Aditya. Ditambahkannya, Gusti juga pernah menjabat sebagai Chief Techonology Officer (CTO) Advantechnologies. Di situ Gusti membangun perusahaan tersebut dari sebuah perusahaan kecil hingga menjadi sebuah perusahaan yang menarik perhatian perusahaan media global Elsevier (bagian dari Reuters) untuk mengakuisisinya di tahun 2006. 

Semua pengalaman kelas dunia Gusti menjadi modal pengetahuannya untuk bekerjasama dengan Bloomberg TV Indonesia, guna mewujudkan ide yang ada di pikirannya menjadi karya nyata untuk digunakan konsumen Indonesia. Terlebih lagi data media massa menunjukkan sekitar 61 persen penggunaan internet di Indonesia dilakukan melalui ponsel.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *