Search
Rabu 27 Januari 2021
  • :
  • :

Indosat Siapkan Rp. 2,75 Triliun untuk Membeli Satelit

MAJALAH ICT – Jakarta. Rencana PT Indosat Tbk membeli satelit akan segera terwujud. Hal itu dapat terjadi karena manajemen sudah mendapatkan  sumber pendanaan untuk membiayai aksi korporasi yang menyedot dana hingga 250 juta dolar AS atau sekitarrp. 2,75 triliun. Demikian diungkapkan Alexander Rusli, Presiden Direktur Indosat.

Menurut Alex, skema pembiayaan pembelian satelit itu sebagian besar dari  fasilitas export credit agency (ECA) atau lembaga pembiayaan ekspor, sebesar 200 juta dolar. "Satelit ini akan akan didanai sekitar 200 juta dolar AS dari ECA, sedangkan sisanya sebesar 50 juta dolar AS, akan ditutup dari kas Indosat," jelas Alex.

Ditambahkan Alex, rencananya satelit tersebut akan mengorbit pada 2016 mendatang. Orbital Sciences bertindak sebagai desainer, produksi dan peluncuran satelit Palapa-E. Perjanjian kerjasama strategis ini sudah terjalin sejak 1 Mei dan Orbital Sciences menandatangani dokumen otorisasi untuk melanjutkan atau authorization to proceed pengadaan satelit Palapa. "Satelit itu sekarang sudah selesai didesain," ujar Alex.

Ditambahkannya, satelit Palapa E ini akan mendukung layanan baik layanan seluler, telekomunikasi tetap maupun data tetap. Satelit Palapa E ini akan menggantikan satelit Palapa C-2 yang dua tahun lagi akan habis masa operasinya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *