Search
Sabtu 15 Desember 2018
  • :
  • :
sdppi-inovasi

Inilah 8 Inovasi Layanan Publik Hasil Kerja SDPPI Tahun 2018

MAJALAH ICT – Jakarta. Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI meluncurkan inovasi layanan dan memberikan apresiasi kepada mitra kerja.

Direktur Jenderal SDPPI DR. IR. Ismail MT mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki motivasi untuk selalu terdepan dalam pelayanan publik yang mengoptimalkan inovasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Ditjen SDPPI sendiri telah melakukan terobosan-terobosan inovasi layanan publik yang searah dengan semangat kemudahan simplifikasi perizinan dan juga menjadi fasilitator bagi kemajuan industri,” papar Ismail dalam Launching Inovasi dan Apresiasi Mitra Kerja SDPPI Tahun 2018 di Jakarta.

Menurut Dirjen Ismail, inovasi merupakan langkah awal dalam membangun semangat dan persepsi dan diharapkan dapat menjadi solusi untuk memperkecil gap perkembangan TIK, lebih dekat dengan masyarakat dan menjaga nilai-nilai sistem pemerintahan yang baik atau good governance government.

“Penyederhanaan proses, kemudahan dalam pengajuan perizinan, percepatan waktu proses, pengolahan data hingga menjadi big data SDPPI serta transparansi regulasi merupakan cerminan semangat memberikan pelayanan prima,” tegasnya.

Mengenai penghargaan terhadap stakeholders atau mitra SDPPI, Dirjen Ismail menyatakan hal itu sebagai apresiasi kepada mitra yang senantiasa berperan aktif memberikan yang terbaik dalam mendukung pembangunan nasional di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.

“Saya berharap inovasi yang telah dilakukan oleh Ditjen SDPPI dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dan penyelenggaraan pelayanan publik di Ditjen SDPPI terus berkembang melalui ide-ide yang kreatif, konstruktif dan orisinil, serta tetap membangun hubungan yang harmonis dengan stakeholder ataupun mitra sehingga dapat mewujudkan pelayanan publik yang akuntabel, transparan dan adaptif,” paparnya.

Dirjen Ismail menyatakan apresiasi itu secara khusus diberikan kepada mitra SDPPI yang telah melakukan inovasi dan berkomitmen mencapai tujuan bersama dengan Ditjen SDPPI di bidang pengelolaan spektrum frekuensi radio, sertifikasi operator radio, standardisasi alat dan perangkat telekomunikasi serta pengujian alat dan perangkat telekomunikasi;

Delapan Inovasi Layanan

Inovasi pelayanan pubik yang telah dibangun dan dikembangkan oleh SDPPI saat ini ada 8 kategori.  Menurut Direktur Operasi Sumber Daya Dr. Dwi Handoko, M. Eng, peluncuran kali ini  ditujukan untuk menakar tingkat pelayanan publik serta tingkat kepuasan masyarakat di lingkungan Ditjen SDPPI.

“Inovasi ini merupakan gagasan, penyempurnaan maupun perbaikan secara terus menerus dari sisi regulasi, tahapan perizinan, desain ataupun peta jalan sampai dengan aplikasi berbasis website yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Dan akan ada 1 (satu) kategori inovasi yang siap launching di tahun 2019,” jelas Direktur Dwi Handoko.

Mengenai apresiasi terhadap mitra kerja, Direktur Dwi Handoko menambahkan Ditjen SDPPI tahun ini memberikan penghargaan kepada 23 mitra kerja yang dinilai telah memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional di bidang Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

“Berbagai kategori yang di rancang berbeda dari tahun sebelumnya dengan penekanan kepada mitra-mitra SDPPI yang berinovasi. Pada tahun ini, terdapat 18 kategori apresiasi dengan penerima apresiasi sebanyak 23 mitra,” jelasnya.




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *