Search
Sabtu 4 April 2020
  • :
  • :

Inilah Kronologi Peretasan Situs POLRI

MAJALAH ICT – Jakarta. Situs POLRI di www.polri.go.id akhirnya pulih setelah seminggu tumbang. Situs tersebut baru bisa diakses pagi hari ini, 23 Mei 2013.

Untuk selengkapnya, inilah kronologi peretasan situs Polri.

16 Mei 2013

07:00 WIB:  Situs Divisi Hukum Kepolisian Republik Indonesia terkena serangan hacekr. Tampilan depan situs Divhum POLRI berganti rupa dengan gambar seseorang memakai topeng putih dengan background hitam. Walaupun belum diketahui apa maksud dari serangannya tersebut, namun kelompok peretas ini dengan ‘sukarela’ memberitahukan identitas mereka, yaitu Jember Hacker.

11:30 WIB: Peretasan situs Divisi Hukum POlri berakhir.

12:00 WIB:  Situs Kepolisian Daerah Jawa Timur mendapat serangan juga, namun tidak merusak tampilan layar, hanya mengganti domainnya saja. Semula situs Kepolisian Daerah Jawa Timur ini memiliki nama alamat www.jatim.polri.go.id dan kini telah berubah menjadi http://polda.masansoft.com. Penggantian domain itu membutikan peretas sudah masuk ke level admin dan bisa mebyubah situs sesuka hatinya.

 

17 Mei 2013

15:00 WIB: Muncul ajakan untuk meretas situs kepolisian RI secara massal (www.polri.go.id) ternyata dikampanyekan di Facebook oleh akun yang menamakan dirinya Pembela Tauhid. Tak hanya ajakan, akun tersebut juga memberikan petunjuknya pada pengguna Facebook awam sekalipun.
Ajakan itu sendiri mulai menyebar di Facebook Kamis sore ini (17/5). Dalam pesan dari pemilik akun menyebutkan bahwa situs polri sudah down 40% yang bisa dicek di http://www.status.ws/www.polri.go.id.

23:00 WIB: Situs Kepolisian Daerah Jawa Timur masih belum pulih dari serangan peretas.

 

18 Mei 2013:

16:00 WIB: Situs Kepolisian Republik Indonesia Divisi Hukum di laman http://divkum.polri.go.id kembali diserang. Begitu situs dibuka, yang tampil adalah gambar kartun polisi dan tulisan "hacked by larcenciels." Di bawah tulisan tersebut terdapat juga tulisan sila ke-5 Pancasila yang berbunyi: "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia."

23:00 WIB: Situs Kepolisian Daerah Jawa Timur masih belum pulih dari serangan peretas.

 

19 Mei 2013

07:00 WIB: Situs Kepolisian RI di www.polri.go.id tumbang. Situs tersebut sama sekali tidak bisa diakses dan yang tampil di laman tersebut adalah "The connection was reset".

20 Mei 2013

Situs www.polri.go.id masih tumbang dan tidak bisa diakses

 

21 Mei 2013

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengaku siap membantu kepolisian dalam melacak pembobol situs-situs Polri. Namun, asosiasi tersebut mengaku belum menerima permintaan bantuan dari kepolisian. Hingga hari ini, situs www.polri.go.id masih belum bisa diakses.

 

22 Mei

Situs www.polri.go.id masih tumbang. IDSIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) menyesalkan Kepolisian RI yang tidak membuka diri terhadap peretasan sejumlah situsnya dalam lima hari terakhir.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Timur Pradopo mengaku kesal setelah mengetahui situs Polri disusupi dedemit maya dan akan mengejar pelakunya.

 

23Mei 2013

08:00 WIB: Situs Kepolisian RI di www.polri.go.id sudah pulih kembali

 

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *