Search
Jumat 20 September 2019
  • :
  • :

Inilah Penelusuran yang Banyak Dicari Selama Ramadhan oleh Orang Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. Google Indonesia merilis data-data baru terkait perilaku konsumen Indonesia selama Ramadhan. Google melakukan riset tentang aktivitas pengguna YouTube dan Google selama Ramadan tahun lalu guna mencari tahu hal-hal yang dicari oleh konsumen di internet sepanjang bulan Ramadan, dan apa implikasinya bagi para pelaku marketing di tahun 2017.

Pada Ramadhan, masyarakat Indonesia tidak hanya menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, namun juga mengeluarkan lebih banyak untuk berbelanja. “Sejalan dengan momen Ramadan trafik pencarian di Google itu meningkat tajam. Mereka mencari informasi berbagai produk, promo kartu kredit, cicilan dan sebagainya untuk dapat dimanfaatkan selama Ramadan. Ini menjadi peluang bagi e-commerce untuk memanfaatkan moment ini,” kata Country Industry Head Google Inc, Henky Prihatna, di Jakarta.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita dapat menemukan dan memanfaatkan peluang selama bulan suci Ramadan. Bahkan orang-orang yang biasanya tidak berbelanja online, akan membeli sesuatu dari internet selama bulan Ramadan,” tambah Henky.

Dijelaskannya, bagi para pengiklan, tentunya momen ini sangat penting. “Perusahaan juga harus memastikan brand mereka unggul selama periode ini,” jelasnya. Menurutnya, berdasarkan perilaku konsumen pada tahun 2016, Google meyakini bahwa selama bulan Ramadan 2017, masyarakat Indonesia akan memanfaatkan internet untuk membantu mereka mendapatkan inspirasi melalui Google Penelusuran. Tren ini juga terus berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan penelusuran sebesar 28% pada 2016 dibandingkan 2015.

Diungkapkannya, pada tahun 2016, penelusuran yang berkaitan dengan pakaian melonjak 2,8 kali lipat, alat-alat rumah tangga meningkat 2 kali lipat, dan promosi telepon seluler sebesar 1,8 kali lipat. Selain itu, penelusuran terkait pembayaran lewat cicilan meningkat sebesar 1,6 kali lipat, sementara promo kartu kredit meningkat 1,2 kali lipat. Penelusuran yang berkaitan dengan promosi dan diskon juga memuncak saat Ramadan. Misalnya, penelusuran smartphone mencapai puncaknya pada pekan pemberian THR, dengan peningkatan kata kunci tentang harga dan promosi sebesar 40%.

“Berdasarkan tren penelusuran, pemudik di Indonesia juga merencanakan perjalanan mudik dengan kereta sekitar tiga bulan sebelum Ramadan, sementara bus dan penerbangan domestik dimulai sekitar dua bulan sebelumnya,” ujarnya.

Disampaikan juga, selama Ramadan, masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan berbagai hal, termasuk berbelanja. “Agar bisa memaksimalkan momen dengan baik selama Ramadan, pemilik bisnis harus mampu merencanakan dan membuat campaign yang menampilkan bagaimana produk atau layanan mereka dapat membantu konsumen selama Ramadan,” pungkasnya.

 

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *