Search
Rabu 16 Januari 2019
  • :
  • :

iPhone Dominasi Penjualan Ponsel Premium di 2018

MAJALAH ICT – Jakarta. Di tengah rumor bahwa iPhone baru Apple menderita penjualan yang lamban, sebuah laporan baru mengklaim bahwa smartphone yang menjalankan iOS mendominasi pasar smartphone premium pada kuartal ketiga 2018, mengalahkan penawaran Galaxy S dan Note terbaru Samsung.

Monitor Pasar Counterpoint Research baru-baru ini mengungkapkan bahwa data pasar yang dikumpulkan menunjukkan iPhone Apple sebagai handset yang paling laris di segmen premium. Segmen ini, yang terdiri dari perangkat bernilai $ 400 atau lebih tinggi, mewakili 22 persen pasar ponsel pintar global.

Menurut laporan itu, iPhone baru Apple menangkap 47 persen dari segmen pasar premium pada kuartal ketiga, yang dua kali lipat dari 22 persen pangsa Samsung. Huawei berada di urutan ketiga dengan 12 persen, kemudian merek-merek Cina lainnya mengikuti. Vivo dan Oppo masing-masing mendapat 5 persen, sementara Xiaomi memperoleh 3 persen.

Melihat segmen harga tertentu, Apple tidak benar-benar mengamankan posisi teratas di segmen $ 400 hingga $ 600, yang menyumbang 46 persen dari pasar smartphone premium. Apple hanya memiliki 21 persen saham, sedangkan Samsung mengamankan kepemimpinannya dengan 25 persen saham. Huawei tertinggal di belakang keduanya dengan 17 persen.

Namun, Apple pasti mengalahkan Samsung di braket $ 600 hingga $ 800 karena memiliki 61 persen pengiriman dibandingkan dengan 21 persen yang terakhir. Dominasi raksasa Cupertino di pasar smartphone premium sangat terasa di kategori $ 800 atau lebih dengan pangsa 79 persennya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, iPhone Apple melakukan yang terbaik di wilayah berikut: Amerika Utara, Timur Tengah dan Afrika, Eropa Barat, Cina, dan Asia-Pasifik.

Sementara itu, Apple hanya menempati urutan kedua di Amerika Latin, Eropa Tengah dan Eropa Timur. Raksasa teknologi itu hanya berada di urutan ketiga di India, di belakang OnePlus dan Samsung, seperti yang ditunjukkan oleh AppleInsider.

Ada 40 produsen yang bersaing di pasar smartphone premium saat ini. Namun, segmen ini sebagian besar didominasi oleh beberapa perusahaan termasuk Apple dan Samsung. Faktanya, lima pemain terbesar di segmen ini menyumbang sekitar 89 persen dari pengiriman.

Penting untuk dicatat bahwa Apple telah memutuskan untuk tidak lagi mengungkapkan data pengiriman unit untuk produk-produknya. CFO Luca Maestri membenarkan langkah ini dengan mengatakan, “Jumlah unit yang terjual dalam periode 90 hari tidak selalu mewakili kekuatan bisnis yang mendasarinya.”

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *