Search
Senin 24 Februari 2020
  • :
  • :

Kemenko PMK Ajak Pelajar dan Netizen Manfaatkan Medsos Secara Positif Demi Revolusi Mental

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar Pelatihan Media Sosial Pertama bagi pelajar dan Sarasehan Netizen di provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan inisiasi Kemenko PMK untuk mengajak pelajar dan netizen memanfaatkan media sosial secara positif sebagai implementasi dari ajakan perubahan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Burhazman; dan dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan para peserta yang merupakan 50 perwakilan pelajar dan enam guru terpilih dari sembilan kabupaten/kota yaitu Kota Padang, Kab. Agam, Kota Solok, Kab. Solok, Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kab. Padang pariaman, Kota Bukit Tinggi, Kab. Pesisir Selatan.

Para peserta diberikan materi mengenai ajakan Revolusi Mental dan peran pelajar sebagai agen perubahan yang disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Informasi, dan Persidangan, Kemenko PMK, Sudarman. Narasumber lainnya adalah Ketua harian Relawan TIK Indonesia (Pusat), Unggul Sagena; dan Al Muhtadi beserta Sandy dari Tim Media Digital, kantor Staf Presiden. Ketiga narasumber menyampaikan pentingnya bijak dalam bermedia sosial dalam menyikapi perkembangan digital saat ini khususnya generasi muda. Peserta juga dilatih untuk peka mendeteksi berita hoax dan memperbanyak posting konten positif dari hidup sehari-hari. Para peserta ini akan menjadi duta positif bermedia sosial di masing-masing sekolah dan dapat menyebar atau memviralkan hal positif di kalangan pelajar bahkan masyarakat umum.

Pada hari yang sama, juga digelar sarasehan relawan TIK bersama netizen di provinsi Sumatera Barat yang dihadiri oleh Kepala Biro Hukum, Informasi, dan Persidangan, Kemenko PMK; Kepala Dinas Kominfo Privinsi Sumatera Barat; Ketua Harian Relawan TIK Indonesia (Pusat); Ketua Pengurus Relawan TIK Provinsi Sumatera Barat; Perwakilan Kesbangpol Prov. Sumatera Barat; Perwakilan para netizen TIK di provinsi Sumatera Barat. Diskusi malam yang hangat dan interaktif ini menghasilkan komitmen para netizen provinsi NTB untuk menyebarkan postingan positif untuk perubahan karakter bangsa dan peka terhadap pemberitaan yang merusak atau hoax.

Kepala Dinas Kominfo Privinsi Sumatera Barat sangat antusias mendukung para netizen dan ingin bekerjasama untuk membuat website khusus Revolusi Mental yang melibatkan para Netizen serta Pemda Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan bersama netizen pada malam hari ini juga menjadi trending topic nomor satu di twitter dengan #Ayoberubah2017 yang merupakan wujud animo masyarakat, khususnya para penggiat TIK di Prov. Sumatera Barat, dalam rangka memviralkan GNRM. Pelaksanaan Pelatihan Media Sosial Bagi Pelajar dan Sarasehan Netizen ini akan digelar di 34 provinsi lainnya  dan diakhiri oleh Kompetisi postingan Media Sosial terbaik “Ayo Berubah” bagi para pelajar pada Desember 2017.

 

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *