Search
Minggu 17 Januari 2021
  • :
  • :

Kemitraan Strategis Shell dan AVEVA Hadirkan Gudang Data Teknik untuk Mendorong Peningkatan Efisiensi

MAJALAH ICT – Jakarta. Perusahaan global untuk piranti lunak teknik dan industri AVEVA baru-baru ini mengumumkan telah menandatangani perjanjian untuk membantu mempercepat strategi transformasi digital Shell Global Solutions International B.V dengan menerapkan solusi perangkat lunak berbasis komputasi awan.

AVEVA akan melengkapi Shell dengan teknologi Engineering Data Warehouse, yang merupakan salah satu elemen dasar dari digital twin atau model virtual dari aset fisik seperti mesin. Teknologi Ini akan memungkinkan seluruh bagian teknik, operasional, dan pemeliharaan berada dalam satu rangkaian digital serta memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan aman dari satu sumber ke pembuat keputusan lintas fungsi.

Engineering Data Warehouse AVEVA akan memungkinkan Shell, melalui Digital Twin yang dimiliki, untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi downtime yang tidak direncanakan. Solusi ini juga akan memberikan wawasan yang mendalam yang dapat ditindaklanjuti langsung dari lokasi operator situs ke Tim Kepemimpinan Aset (Asset Leadership Team).

Solusi AVEVA mendukung ambisi Shell untuk memberdayakan staf di seluruh lokasi manufaktur Shell dan untuk menjaga keamanan pekerja industri garis depan sekaligus memastikan kelangsungan bisnis dan ketahanan operasional.

Menurut Johan Krebbers, GM Digital Emerging Technologies / VP IT Innovation dari Shell, untuk memberdayakan pekerja di era kenormalan baru ini, dibutuhkan akses jarak jauh ke semua informasi agar mereka bisa memantau, mengelola dan mengoptimalkan fasilitas produksi.

“Kami telah menyaksikan manfaat dari kolaborasi strategis kami dengan AVEVA melalui visi kami yang sepenuhnya selaras untuk transformasi digital. Hal ini memungkinkan kami untuk melakukan operasi dari jarak jauh serta mengakses aplikasi yang diperlukan dengan lancar untuk memberikan wawasan, panduan, dan alat untuk memastikan hasil kerja yang aman, efektif, dan konsisten, khusus untuk setiap bagian,” ungkapnya.

Gudang Data Teknik (Engineering Data Warehouse) AVEVA menyatukan informasi teknik di seluruh siklus hidup aset, didukung oleh aplikasi yang terbukti untuk melakukan visualisasi, analisis, prediksi, dan panduan. Dengan pengalaman lintas industri, perusahaan ini mampu menyediakan pengetahuan dan kapabilitas yang telah terukur dengan pengujian/riset (domain content) untuk menangani skenario industri secara spesifik.

Ravi Gopinath, Chief Cloud Officer dan Chief Product Officer dari AVEVA menyatakan apresiasinya atas keputusan Shell memperpanjang kemitraan strategis yang telah lama terjalin dengan AVEVA untuk mendukung layanan digital twin berbasis komputasi awan. Kerjasama ini adalah bagian dari strategi Shell yang baru-baru ini diumumkan untuk menerapkan teknologi digital twin di seluruh lokasi manufakturnya yang dipadukan dengan teknologi baru seperti Industrial Internet of Things (IioT), extended reality (XR), dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

“Teknologi mutakhir ini dijamin akan memberikan peningkatan untuk operasi Shell dalam waktu dekat,” tuturnya.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *