Search
Jumat 6 Desember 2019
  • :
  • :

Ketika Instant Messaging Dunia Menyerbu Indonesia (1)

MAJALAH ICT – Jakarta. Indonesia adalah pasar yang besar. Dengan penduduk yang mencapa 237,5 juta dan pengguna ponsel telah mencapai 262 juta pengguna, segala hal berbagai gadget dan aplikasi akan menginvasi Indonesia, termasuk Instant messaging (IM). Bahkan, ada hubungan antara IM dengan adopsi telepon khususnya smartphone. Seperti fenomena BlackBerry. BB tumbuh besar di Indonesia karena menawarkan blackBerry Messenger (BBM) yang membuat seolah-olah kita tidak perlu membayar SMS lagi untuk komunikasi dengan keluarga, teman maupun untuk urusan kerja.

Setelah pengguna Indonesia perlahan ada yang berpaling dari BBM, dengan mengggunakan aplikasi lain, seperti Line, Whatsapp dan lainnya, tentu ini bisa jadi ancaman bagi BlackBerry untuk tetap mempertahankan pasarnya. Untungnya saja, BBM terbaru akan juga dapat digunakan untuk video. Tentu ini akan jadi mainan baru bagi pengguna di Indonesia. Hanya saja, pasar Indonesia cukup unik. Saat, layanan 3G mulai masuk pasar dengan ponsel menyediakan fasilitas video call, fitur ini tidak banyak dipakai pada akhirnya. Memang saat itu kecepatan internet masih lambat, sehingga video tidak nyaman dilihat. Kita lihat saja, bagaimana pasar dan pengguna Indonesia merespons sistem operasi dan BlackBerry terbaru ini: BlackBerry 10.

 

WeChat

Selain BBM, Global Mediacom (atau terkenal dikenal sebagai MNC Group) dari Indonesia dan Tencent, China, menghadirkan aplikasi pesan, WeChat. Dengan sepenuhnya didukung oleh MNC Group, semua perusahaan di bawah MNC manajemen akan memiliki akun resmi WeChat untuk berinteraksi dengan konsumen mereka. Ini juga akan menjadi saluran resmi bagi perusahaan untuk menginformasikan informasi terbaru. WeChat adalah aplikasi messaging terbesar di Cina, memiliki lebih dari 300 juta pelanggan di seluruh dunia dalam waktu kurang dari dua tahun.

Selain itu, MNC membantu menciptakan komersial video WeChat yang sudah ditayangkan di tiga jaringan televisi nasional yang dimiliki oleh MNC (RCTI, MNC TV, dan Global TV). Video ini menampilkan Gisel, penyanyi Indonesian Idol, yang mewakili citra ceria WeChat.

WeChat telah tersedia untuk platform terutama BlackBerry, karena Indonesia merupakan salah satu negara BlackBerry terbesar di dunia. WeChat juga tersedia untuk Telepon iOS, Android dan Windows.

 

Skype dan Viber

Axis bekerja sama dengan Skype untuk menghadirkan cara yang inovatif bagi pelanggan AXIS untuk terhubung dengan teman dan keluarga di seluruh dunia menggunakan layanan internet AXIS yang cepat dan berkualitas.

Kerja sama pemasaran ini ditandatangani di Mobile World Congress 2013 di Barcelona. Menurut Chief Marketing Officer AXIS, Daniel Horan, kerja sama dengan Skype merupakan inisiatif lain dari AXIS untuk menggaet merek-merek global dalam menghadirkan layanan terbaik berkelas dunia ke Indonesia. AXIS akan terus mencari peluang kerja sama untuk dapat menghadirkan inovasi dan layanan bagi pelanggan. 

"Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan Skype untuk menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan, didukung jaringan dan infrastruktur AXIS berkualitas. Kerja sama kami dengan Skype memberikan pelanggan AXIS pilihan komunikasi global dan tak terbatas, serta memperluas komunitas berkomunikasi mereka dengan jutaan pengguna Skype di seluruh dunia," papar Daniel. 

Kerjasama dengan Skype merupakan inisiatif lain dari Axis untuk menggaet merek-merek global dalam menghadirkan layanan berkelas dunia ke Indonesia. Sebelumnya, Axis juga mengumumkan kerjasama strategis dengan Viber, salah satu nama terkemuka di dunia untuk layanan Voice-over-Internet-Protocol (VoIP) dan aplikasi berkirim pesan.

Kerjasama ini akan memungkinkan pelanggan Axis untuk bertukar pesan foto, gambar, video dan pesan audio menggunakan aplikasi Viber. Saat ini Viber tersedia di ponsel berbasis Android, BlackBerry OS, iOS, Symbian, dan Windows.

 

LINE

LINE, besutan perusahaan internet terdepan di Korea NHN corporation, serius menggarap pasar Indonesia untuk aplikasi mobile messenger. Bahkan LINE mempersiapkan kampanye iklan di TV dengan menggaet artis muda yang dikenal lewat Film "Perahu Kertas", Maudy Ayunda. 

Iklan TV berjudul "LINE-Love Story" rencananya akan aktif dikampanyekan mulai April mendatang ini khusus dibuat untuk pasar Indonesia. Pada iklan ini digambarkan, betapa para pengguna LINE dapat dengan mudah saling berbagi dan mengekspresikan perasaan menggunakan stiker, yang merupakan salah satu fitur LINE yang paling disukai. Dalam iklan TVnya, Maudy dengan pas memerankan seorang gadis yang ingin menarik hati seorang pria.

Maudy Ayunda, yang juga diangkat LINE sebagai LINE Official Exclusive Talent, mengatakan bahwa dirinya senang ditunjuka sebagai wajah untuk LINE. "Saya baru menggunakan LINE selama lima bulan dan saya sudah tidak dapat membayangkan hidup saya tanpa LINE. Memainkan permainan LINE dan menggunakan stiker benar-benar luar biasa. Saya sangat yakin dalam waktu dekat, LINE akan menjadi sebuah ikon budaya di antara para remaja di Indonesia,” kata Maudy berpromosi.

Selain Maudy, LINE juga telah membuka 4 akun resmi bagi beberapa artis terkenal Indonesia lainnya seperti Noah, Nidji, Afgan Syahreza dan Bunga Citra Lestari. Bagi penggemar artis-artis tersebut yang menggunakan LINE dapat berinteraksi secara langsung dan mendapat informasi dari para selebriti ini.

Sebagaimana diketahui, LINE adalah aplikasi ponsel pintar yang memungkinkan para penggunanya untuk menikmati fasilitas telepon gratis dan saling bertukar pesan satu dengan lainnya baik secara nasional maupun internasional, tanpa hambatan jaringan operator penyedia layanan yang digunakan.

Diluncurkan pada Juni 2011 oleh NHN, LINE telah memiliki 110 juta pengguna di seluruh dunia. LINE juga telah menempati peringkat pertama di 41 negara untuk kategori aplikasi gratis, termasuk Jepang, Singapura, Hong Kong, Taiwan, Thailand, Malaysia, Makau, Saudi Arabia, Kuwait, Bahrain, Uni Emirat Arab, Qatar, Yordania, Israel, Swiss, Turki, Ukraina, Kamboja, Kazakhstan, Rusia, Belarusia dan Latvia. 

LINE memiliki berbagai fitur unik seperti ‘layanan terjemahan instan’, ‘Akun Resmi’ yang membuat para pengguna untuk dapat berinteraksi dengan para figur publik, ‘Timeline and Home’ untuk berbagi update terbaru dengan teman-teman, ‘ Shake it’, sebuah cara menarik untuk bertukar identitas dan ‘Emoji/Stickers/Emoticons.

  

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *