Search
Sabtu 15 Desember 2018
  • :
  • :
lelang

Ketika Lelang Lebih Informatif dan Mudah Diakses Lewat lelang.go.id

MAJALAH ICT – Jakarta. Kini masyarakat akan lebih mudah untuk mengikuti lelang lembaga negara. Tak hanya itu, dengan Portal Lelang Indonesia lelang.go.id, pelaksanaan lelang akan lebih informatif dan mudah diakses. 

“Dengan online berarti semua bisa mengakses seluruh stakeholder bisa mengakses termasuk di Kemenkeu sendiri tidak ada saling menutupi, semua terbuka,” kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo saat peresmian Domain Portal Lelang Indonesia (lelang.go.id) di Gedung Dhanapala, Jakarta.

Menurut Mardiasmo, peresmian lelang.go.id merupakan salah satu strategi untuk mengenalkan dan mempermudah masyarakat untuk mengikuti lelang dan membuat lelang lebih informatif dan mudah diakses. 

“Selama ini, kalau kita mendengar kata kata lelang, apalagi lelang yang dilakukan di suatu Kementerian kadang masih banyak yang memandang bahwa lelang itu berbelit-belit. Lelang kadang sulit diakses. Hanya orang-orang tertentu yang bisa mengakses. Kadang-kadang ada asimetri informasi, ada mungkin barangkali insider information,” ungkapnya.

Lelang.go.id akan menjadi corporate identity yang berfungsi untuk membangun kesadaran masyarakat luas akan fungsi lelang, menjaring pembeli potensial, mengangkat citra lelang yang aman, unggul dan tepercaya serta diharapkan dapat mengubah persepsi negatif terkait lelang.

“Dengan cara online. Dengan online ini berarti tadi image itu akan hilang dengan sendirinya,” harapnya.

lelang.go.id yang dikelola Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, akan terintegrasi pada satu portal layanan terpadu yang kompatibel dengan semua gawai (gadget). Melalui lelang.go.id diharapkan sebagai one stop service. Layanan lelang semakin dinamis, mengikuti pertumbuhan dan perkembangan teknologi e-commerce yang menjadi salah satu penggerak ekonomi baru ke depan.

Peresmian portal itu bertepatan dengan Pekan Kekayaan Negara dalam rangka memperingati HUT DJKN ke 12. Dalam rangkaian peresmian tersebut diadakan juga penandatangan perjanjian kerja sama Pertukaran Data DJKN  Kemenkeu dengan Perbankan BUMN yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN dan Bank BNI.

Selain itu, dilakukan juga Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 atas Layanan Direktorat Lelang yakni pelayanan pemberian izin Pejabat Lelang Kelas II dan Balai Lelang serta lelang barang gratifikasi. 




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *