Search
Rabu 23 Oktober 2019
  • :
  • :

Kini Foto yang Sudah Diedit atau Masih Asli dapat Diketahui Berkat AI

MAJALAH ICT – Jakarta. Dalam dunia dimana teknologi sering digunakan untuk memanipulasi foto agar tampak nyata, kadang-kadang sulit untuk menentukan apakah foto diedit atau tidak – tetapi tidak selama tim peneliti dari Adobe dan UC Berkeley telah mengembangkan AI untuk melakukan hal itu.

Dalam sebuah makalah baru berjudul “Detecting Photoshopped Faces by Scripting Photoshop,” para peneliti Sheng-Yu Wang, Oliver Wang, Andrew Owens, Richard Zhang dan Alexei A. Efros mengatakan mereka mampu membuat AI baru yang mampu mendeteksi gambar yang diedit atau dibengkokkan menggunakan Photoshop.

Tim menjelaskan bahwa mereka dapat membuat AI dengan scripting Photoshop, dan dengan memberi makan gambar palsu AI sampai mampu mendeteksi palsu dari foto asli. PetaPixel melaporkan bahwa para peneliti menggunakan ribuan foto yang diambil dari internet. Foto-foto ini diedit secara otomatis menggunakan skrip Photoshop, atau diedit oleh seniman manusia.

Mereka kemudian membandingkan jumlah deteksi gambar yang berhasil dilakukan photoshopping yang dapat dilakukan orang dan AI.

“Kami mulai dengan menunjukkan pasangan gambar (asli dan perubahan) kepada orang-orang yang tahu bahwa salah satu wajah telah diubah,” kata peneliti Oliver Wang. “Agar pendekatan ini bermanfaat, [AI] harus mampu tampil secara signifikan lebih baik daripada mata manusia dalam mengidentifikasi wajah yang diedit.”

Para peneliti dengan bangga mengatakan bahwa AI lebih baik daripada orang dalam mendeteksi gambar yang diedit dari yang tidak diedit. Manusia mampu mengidentifikasi foto yang diedit kira-kira lebih dari separuh waktunya (53 persen). AI, di sisi lain, berhasil mendeteksi gambar yang diedit hampir sepanjang waktu (99 persen).

Lebih dari sekadar mengetahui apakah suatu gambar dipotret, AI juga mampu menentukan bagian mana dari gambar yang diedit atau dibengkokkan, dan juga mampu “membatalkan” hasil pengeditan untuk mengembalikan gambar ke tampilan semula.

Dalam video yang ditunjukkan di bawah ini, para peneliti menunjukkan kemampuan sebenarnya dari AI dalam menentukan gambar Photoshop yang bengkok, apa yang dianggapnya adalah pengeditan yang dilakukan untuk gambar, dan membatalkan yang disarankan. Saran AI hampir identik dengan gambar asli, menunjukkan seberapa efektif itu dalam mendeteksi gambar yang bengkok.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *