Search
Sabtu 21 September 2019
  • :
  • :

Kolaborasi Go-Jek dan BlueBird Jadi Terobosan Positif di Pelaku Bisnis Transportasi

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan mengharapkan teknologi dapat digunakan untuk penyelesaian masalah dengan kearifan. Hal itu disampaikan dalam acara peluncuran Go-Blue Bird di Jakarta.

“Bagaimana teknologi mampu mempengaruhi jalan hidup kita sebagai tantangan bangsa ini. Begitu kaya nya negeri ini, kita harus menyelesaikan masalah dengan kearifan tanpa perpecahan. Saya berharap kerjasama ini menjadi embrio kerja sama lain, mengedepankan patriotisme dan nasionalis untuk kepentingan bersama,” harapnya.

Menurut Menko Maritim, kolaborasi merupakan sebuah keniscayaan karena sifat dasar teknologi yng akan terus berkembang. “Kolaborasi ini memang harus dilakukan karna teknologi terus berkembang. Teknologi secara cepat mengubah kehidupan kita,” katanya.

Penyedia layanan transportasi Blue Bird dan layanan on-demand GoJek sepakat melakukan kerjasama bertajuk Kolaborasi Anak Bangsa.  Kolaborasi yang dimulai sejak sebulan yang lalu itu memungkinkan pengguna aplikasi GoJek menggunakan armada BlueBird.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sambutannya mengatakan kersajama yang terealisasi antara GoJek dan BlueBird itu merupakan terobosan yang positif di kalangan pelaku bisnis. “Ada satu kata yang kita sampaikan yaitu kesetaraan. Dalam sama-sama melakukan kegiatan sehingga pelaku bisnis sama-sama berperan secara baik tetapi masyarakat tidak dibodohi dengan trik tertentu,” katanya.

Menteri Budi Karya Sumadi mengapresiasi kolaborasi itu sebagai implementasi regulasi mengenai angkutan berbasis aplikasi online. “Kementerian Perhubungan melakukan regulasi ini sejak 6 bulan lalu dengan hati-hati. Saya mengapresiasi atas apa yang dilakukan. Menjadikan semua taksi menjadi satu. Terimakasih Gojek dan Blue Bird semoga mencapai sesuatu yang baik,” ucapnya.

Dalam Peluncuran Kolaborasi Anak  Bangsa hadri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kementerian Komunikasi dan Informatika Herry Abdul Azis yang mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika.

Kolaborasi Penuhi Tuntutan Publik

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Herry Abdul Azis mengatakan ada empat prinsip yang dituntut publik untuk transportasi selain aman dan nyaman yaitu harga terjangkau dan akses. “Hal ini yang diharapkan akan ditemui oleh kolaborasi GoJek dan Blue Bird,” katanya.

Kolaborasi itu dinilai Herry Abdul Aziz akan dapat dapat mendukung realisasi potensi ekonomi digital di Indonesia yang sangat besar. Tahun 2025 diperkirakan ada nilai sebesar USD81 Miliar, hanya di Indonesia saja. Oleh karna itu, Kementerian Kominfo juga mendorong pengembangan aplikasi lain sebagai solusi permasalahan bangsa.

“Potensi tidak berarti jika kita tidak melakukan apa-apa. Untuk mengejar itu Kementerian Kominfo bersma stakeholders melaksanakan Program 1000 Startup Digital untuk merintis solusi berbasis teknologi,” katanya.

Program yang melibatkan talenta muda Indonesia di berbagai kota itu, menurut Herry Abdul Aziz dimulai dari pengenalan, penyamaan persepsi, pembuatan prototipe sampai inkubasi. “Yang kita buat dimulai pertengahan tahun 2016. Kami harapkan kolaborasi ini mampu meningkatkan potensi digital ekonomi dan GoJek ikut mengambil bagian untuk membina 1000 Startup Digital yang sudah menjadi target pemerintah,” jelasnya.

Saat ini Blue Bird memiliki sekitar 35.000 armada yang tersebar di 18 lokasi di Indonesia, sementara GoJek telah diunduh sebanyak lebih dari 40 juta kali. CEO Gojek Nadiem Makarim menyatakan kolaborasi dengan BlueBird pada tahap awal akan berlangsung di lima wilayah, yaitu Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, dan Semarang.

“Semoga dengan platform baru, masyarakat lebih semangat lagi menggunakan GoJek serta dapat meningkatkan kesejahteraan mitra driver,” katanya.

Diakui Nadiem Makarim, GoJek saat ini belum bisa melihat peningkatan pendapatan yang signifikan. “Tetapi ada peningkatan setiap harinya. Dengan adanya platform baru Go-Blue Bird, pengemudi Go-Car diuntungkan karena bisa menyelesaikan target kuota perhari,” katanya.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *