Search
Jumat 30 Oktober 2020
  • :
  • :

Kominfo akan Gelar Apel Siaga Kesiapan Jaringan Sambut Idul Fitri

MAJALAH ICT – Jakarta. Menyambut Hari Raya Idul Fitiri yang kurang dari dua minggu lagi, Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra Kementerian Kominfo telah melakukan berbagai persiapan terkait dengan peningkatan kualitas layanan yang harus dilakukan. Apel siaga akan dilakukan pada 29 Juli mendatang di Kantor Kementerian Kominfo.

Demikian diungkapkan Kepala Informasi dan Humas Gatot S. Dewa Broto. "Pada tanggal 29 Juli 2013 akan berlangsung apel siaga kesiapan seluruh jajaran Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra kerja terkait di halaman depan kantor Kementerian Kominfo. Apel kesiagaan ini adalah yang kedua kalinya diadakan setelah sebelumnya sukses dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2012 di halaman Kementerian Kominfo juga sebagai persiapan jelang Lebaran 2012," jelas Gatot.

Ditambahkan Gatot, dalam apel siaga yang akan dipimpin langsung oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring tersebut, akan dicek langsung kesiapan seluruh jajaan Kominfo beserta mitra kerjanya jelang Lebaran 2013 dan juga sekaligus melepas secara resmi konvoi rombongan kendaraan dari BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) dan 10 penyelenggara telekomunikasi (Telkom, Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Axis Telekom, Bakrie Telecom, Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, Smart Telekom, Smart Fren, dan Hutchison 3 Indonesia) yang akan melakukan test drive atau pengecekan kualitas layanan telekomunikasi ke sejumlah rute tertentu yang diperkirakan akan sangat padat arus mudik saat suasana Lebaran, yaitu kea rah Merak dan Bakauhuni, Cirebon, Tasikmalaya serta dari Semarang ke arah Solo dan terus menuju Surabaya). 

"Pengujian tersebut sengaja dilakukan beberapa hari sebelum Lebaran, karena dimaksudkan untuk mengetahui keberhasilan panggilan telefon (dan sebaliknya juga kemungkinan dropped call), blocked call dan rata-rata lamanya pengiriman SMS serta komunikasi data lainnya. Pengecekan juga dilakukan untuk wilayah Sumatera, Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur mengingat tingkat pergerakan masyarakat untuk mudik juga cukup tinggi," ungkap Gatot.

Menurut Gatot, test drive atau pengecekan kualitas layanan telekomunikasi tersebut sesungguhnya sudah rutin dilakukan sejak tahun 2007, namun ketika saat pelepasan keberangkatan konvoinya tidak melalui acara apel kesiagaan secara lengkap dengan seluruh mitra kerja Kementerian Kominfo lainnya, melainkan hanya sebatas Menteri Kominfo beserta pejabat terkait dan para direksi penyelenggara telekomunikasi. 

Tujuan utama test drive tersebut adalah untuk mengetahui kesiapan para penyelenggara telekomunikasi dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan layanan telekomunikasi di saat suasana Lebaran 2013.

"Bahwasanya pengecekannya dilakukan jauh hari sebelum Lebarannya itu sendiri adalah wajar, karena dengan adanya pengecekan tersebut akan dapat diketahui bersama sejumlah kekurangan yang harus segera dibenahi oleh seluruh penyelenggara telekomunikasi, sehingga pada saatnya suasana Lebaran 2013 berlangsung tidak boleh sedikitpun ada gangguan yang sangat berarti. Ketentuan mengenai kualitas layanan tersebut sifatnya bukan himbauan kepada para penyelenggara telekomunikasi, tetapi sudah merupakan kewajiban yang harus ditaati sesuai beberapa Peraturan Menteri Kominfo tentang Standar Kualitas Layanan Telekomunikasi yang berlaku," urai Gatot.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *