Search
Senin 12 April 2021
  • :
  • :

Kominfo akan Gelar ‘Kartini Next Generation Award 2013’

MAJALAH ICT – Jakarta. Dalam rangka memperingati hari Kartini, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika, bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Federasi Teknologi Informasi Indonesia, PT. Telkom Indonesia, BNI Syariah, dan Majalah Noor serta Smarfren akan menyelenggarakan Peringatan Hari Kartini pada tanggal 22 April 2013 dengan mengambil tema "Kartini Next Generation Award 2013".

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengenang kembali perjuangan seorang perempuan Indonesia yang berpenampilan sederhana namun memiliki wawasan pemikiran yang berani dalam mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan Indonesia. Kegiatan ini merupakan yang kedua kali, mengingat pada tahun lalu juga telah diselenggarakan kegiatan serupa sebagai wujud pemberian apresiasi kepada pelaku usaha perempuan yang sukses dimana kesuksesannya tersebut didukung di antaranya melalui optimalisasi penggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya internet, untuk mengembangkan usahanya baik itu promosi, penjualan maupun produksi.

Upaya kepedulian Kementerian Kominfo terhadap pemberdayaan perempuan dalam bidang TIK ini di antaranya dilatar belakangi oleh sejumlah fakta peran perempuan yang masih belum setara dengan kaum lelaki di industri ICT nasional. Atas dasar kondisi itulah, Kementerian Kominfo pada tahun 2012 pernah meneruskan himbauan International Telecommunication Union (ITU) kepada para pemangku kepentingan di bidang TIK untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan yang mendorong penggunaan TIK dalam memperkuat pemberdayaan perempuan. Bahkan sampai menganggap pentingnya concern tersebut, ITU sampai pernah merayakan "Girls in ICT Day" setiap bulan April sejak tahun 2012. "Girls in ICT Day" mendorong negara-negara anggota ITU untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan anak-anak perempuan dengan TIK, seperti contohnya mengundang study tour ke perusahaan-perusahaan TIK atau kegiatan yang memperkenalkan kepada TIK.

Acara dalam memperingati Hari Kartini ini akan diawali dengan seminar bertema "Pemberdayaan Perempuan dengan Menggunakan TIK", yang menghadirkan sejumlah nara sumber, yaitu: Aswin Sasongko (Dirjen Aplikasi Informatika – Kementerian Kominfo), Indra Utoyo (Direktur IT Solutions & Strategic Portfolio, PT. Telkom), Dinno Indiano (Direktur Utama BNI Syariah), Betty Alisjahbana (Pakar TIK), Aviliani (Pakar dan Praktisi Ekonomi) dan Joko Tata Ibrahim (Deputy CEO Commercial, PT. Smartfren). Acara penyerahan penghargaan "Kartini Next Generation Award" akan berlangsung malam harinya dan akan dihadiri oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Agum Gumelar. Para peserta yang akan hadir diperkirakan sebanyak 300 orang, yang terdiri dari berbagai kalangan baik dari pemerintahh, komuitas TIK, sejumlah perwakilan dari KOWANI, Dharma Wanita, Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, PT. Telkom Indonesia, BNI Syariah, Majalah Noor, Smartfren, APJI, FTII, APTIKOM, IWITA, dan NAWALA.

Pemberian penghargaan ini dilaksanakan melalui pendaftaran peserta secara online maupun rekomendasi dari berbagai kalangan dengan kriteria usia 20 –  40 tahun, berwarga negara Indonesia dan memanfaatkan TIK dalam menjalankan aktivitasnya. Dengan waktu yang cukup singkat, ternyata pendaftar mencapai 40 orang kandidat dari berbagai daerah, bahkan ada juga pendaftar dari Jerman, AS, Malaysia fdan beberapa negara di kawasan Timur Tengah Arab dengan berbagai latar belakang dan profesi. Penjurian dimulai dengan seleksi awal teradap para kandidat dan hasilnya kemudian terpilih 12 finalis dengan 4 kategori yaitu Inspiring Women in ICT for Education, Enterpreneur, Media Creative, Community Development. Sebagai perbandingan, untuk tahun 2012, acara tersebut juga dirangkaikan dengan peresmian website ICT4W (ICT for Woman) dan pemberian apresiasi kepada Silvy Nurlita dari Batam, yang awalnya hanya bermodalkan Rp 2 juta namun kemudian dapat mengembangkan digital enterpreneur product dalam berjualan kue villa cake pisang. Kemudian juga kepada Suryani Aris dari duniabermain.com untuk kategori digital enterpreneur service




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *