Search
Minggu 30 April 2017
  • :
  • :
pelatihan

Kominfo Fasilitasi Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika

MAJALAH ICT – Jakarta. Untuk memastikan kompetensi angkatan kerja muda di bidang Informatika, Kementerian Kominfo melalui Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika memfasilitasi kegiatan pelatihan dan sertifikasi angkatan kerja muda bidang Informatika. Pembuktian kompetensi SDM bidang Kominfo yang sesuai dengan SKKNI dilakukan dengan ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang Kominfo di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang menjadi mitra. Sertifikat kompetensi SKKNI dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Menurut Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza, tujuan dilaksanakannya pelatihan dan sertifikasi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang informatika untuk meningkatkan kompetensi SDM bidang informatika di dunia industri informatika nasional pada khususnya, dan untuk bersaing di dunia internasional pada umumnya.

“Manfaat bagi para peserta mendapatkan keahlian dibidangnya melalui uji kompetensi (sertifikasi). Kegiatan fasilitasi sertifikasi nasional diselenggarakan dalam bentuk pemberian materi pengantar sebagai bahan penyegaran kembali terhadap topik yang akan diujikan, dan kemudian dilanjutkan dengan ujian sertifikasi,” kata Noor Iza.

Ditambahkannya, angkatan kerja muda bidang Informatika yang akan ikut serta dalam pelatihan dan sertifikasi sebanyak 75 orang dengan kualitas minimal lulusan D1, D2 dan D3 yang saat ini belum bekerja dan tidak sedang melanjutkan pendidikan. Untuk bulan Februari ini, ungkap Noor, akan diadakan sertifikasi di dua kota, yaitu Kota Palembang (22 s/d 24 Februari 2017) untuk bidang keahlian Junior Programer / Junior Web Programmer, Network Technician dan/atau Junior Office Operator, serta Kota Banjarmasin (28 Februari s/d 02 Maret 2017) dengan bidang keahlian Operator Komputer Junior, Desain Grafis Junior dan/atau Junior Programer

“Kegiatan ini bekerjasama dengan LSP ( Lembaga Sertifikasi Profesi ) LSP TIK. Pendaftaran kepesertaan langsung di Website LSP masing-masing sesuai dengan lokasi kota yang dijadikan TUK ( Tempat Uji Kompetensi ) atau ke Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika, Kementerian Kominfo,” pungkas Noor Iza.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *