Search
Jumat 18 September 2020
  • :
  • :

Komplotan Penipu Online dan SMS Dibekuk Polisi

MAJALAH ICT – Jakarta. Anda pernah menerima SMS berisi tawaran tiket penerbangan murah? berhati-hatilah. Modus tiket penerbangan murah atau promo, gadget murah, maupun tawaran bisnis lainnya lewat SMS serta online, ternyata dipakai komplotan penipu mengeruk uang dari korban.

Hal itu terungkap setelah Resmob Polda Metro Jaya membekuk para pelaku kejahatan terorganisir ini. "Mereka sudah tiga tahun beroperasi. Dari website ada sekitar 100-200 korban," jelas Kasat Resmob Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan. Menurut Herry, modus terbagi menjadi dua bagian besar, melalui website dan SMS.

Komplotan pelaku yang dtangkap berjumlah 6 orang. Rata-rata mereka mengantongi pendapatan hingga Rp. 4 juta per bulannya. "Untuk tiket promo, banyak korban saat dekat-dekat perayaan hari keagamaan seperti Idul Fitri, Natal, karena banyak yang butuh tiket untuk pulang kampung," jelas Herry. Dijelaskan, para korban, setelah menghubungi nomor yang tercantum di SMS maupun situs pelaku, dikirimkan bukti booking pesawat dan nomor rekening ke mana korban harus transfer uang. Namun ternyata, setelah uang ditransfer, tiket asli tidak didapatkan. "Korban dikasih alamat untuk datang ke gedung perkantoran yang ternyata palsu," jelas Herry.

Dari pengakuan tersangka, untuk pengiriman SMS mereka menggunakan SMScaster, dan mengirimkannya secara acak ke pengguna telepon seluler. Cara ini merupakan cara yang sama dilakukan saat ramai penipuan "mama minta pulsa" beberapa waktu lalu.  

Waspadalah!

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *