Search
Jumat 30 Oktober 2020
  • :
  • :

Kurang Dana, Internet Governance Forum 2013 di Bali Batal

MAJALAH ICT – Jakarta. Perhelatan Internet Governance Forum ke-8 yang sedianya akan dilaksanakan di Bali tahun ini dinyatakan batal. Hal itu karena panitia kekurangan dana.

Acara ini pengaturan internet dunia ini sedianya membutuhkan biaya Rp 22 miliar. Dari penyelenggara Id-IGF, sudah terkumpul Rp 9 miliar, sedangkan Kementerian Kominfo memberi alokasi dana Rp 2,5 miliar, jadi kurang dana sekitar Rp 10,5 miliar. 

Menurut Donny BU dari Id-IGF, keputusan ini pastinya sangat disayangkan. Terlebih melihat konsumsi internet Tanah Air yang sudah sedemikian besar. "Sebenarnya IGF merupakan salah satu milestone dan pencapaian untuk membangun tata kelola internet. Prosesnya sendiri sudah mulai berjalan dari saling ketemu, dialog dan diskusi-diskusi sembari menyiapkan event ini," kata Donny.

Sementara itu, Indonesia di tahun ini akan menggelar perhelatan akbar, yaitu APEC Summit yang juga di Bali. Kepala Negara atau Kepala Pemerintah Negara-Negara APEC dipastikan hadir. Di sektor telekomunikasi, Indonesia juga kana menjadi tuan rumah ASEAN Telecommunication Regulatory Council (ATRC). Forum resmi pertemuan regulator-regulator telekomunikasi se-ASEAN. Menurut rencana acar akan digelar di Manado, akhir Agustus mendatang. Selain ATRC, April lalu Indonesia juga baru saja menjadi tuan rumah penyelenggaraan APEC-Tel. Pertemuan negara-negara APEC yang membahas perkembangan sektor telekomunikasi mutakhir.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *